Kemendes PDTT Apresiasi Program Satu Data Desa di Kampung Gadang Padusunan
×

Adsense

Adsense Mobile

Kemendes PDTT Apresiasi Program Satu Data Desa di Kampung Gadang Padusunan

Selasa, 29 Maret 2022 | 01:00 WIB Last Updated 2022-03-29T16:59:00Z


loading...

Kemendes PDTT Apresiasi Program Satu Data Desa di Kampung Gadang Padusunan
Kemendes PDTT Apresiasi Program Satu Data Desa di Kampung Gadang Padusunan Kota Pariaman. (f/mcp)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Pariaman yang melakukan pengolahan data masyarakat secara digital. Hal ini menyusul diluncurkannya aplikasi Satu Data Desa Indonesia di Desa Kampung Gadang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Senin (28/3/2022) pagi.

Mewakili Menteri, Sekretaris Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes PDT dan Transmigrasi, Razali berharap Pemko Pariaman dan Desa Kampung Gadang bisa menjadi contoh bagi seluruh desa di Sumatera Barat.

"Kami dari Kemendes PDT sangat mengapresisasi langkah Pj Kepala Desa Kampung Gadang yang mampu menciptakan karya yang luar biasa dalam pengolahan data di level desa ," katanya saat launching Satu Data Desa Indonesia di Desa Kampung Gadang Padusunan yang mengikuti secara virtual.

"Keakuratan data tentang kependudukan dan adiministrasi wilayah ditingkat desa adalah hal yang sangat penting bagi pemerintah daerah maupun pusat dalam pengolahan data yang selama ini masih carut marut," paparnya.

Jika gebrakan yang dilakukan oleh Desa Kampung Gadang dan Pemko Pariaman mengenai pengumpulan data secara digital bisa ditiru seluruh desa di Sumatera Barat, maka permasalahan data yang kerap terjadi bisa diatasi.

"Kalau ini bisa menjadi contoh dan diterapkan, dan ditiru oleh daerah lain di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia, maka permasalahan data yang selama ini simpang siur bisa menjadi satu data yang sama," jelasnya.

Peluncuran Satu Data Desa Indonesia di Desa Kampung Gadang ini merupakan tindaklanjut dari Perpres No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

Didalam Satu Data Desa Indonesia ini berisikan data masyarakat ditingkat desa, dimana nantinya akan bisa menunjang pendataan yang akurat bagi pemerintah kota ataupun pusat.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, satu data ini dibuat semenarik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di dalam aplikasi ini, tersedia semua informasi mengenai area wilayah Desa, data penduduk hingga tingkat sosial dan data mengenai bantuan sosial, pendidikan, tingkat ekonomi dan data administrasi lainnya.

"Kami dari Pemko Pariaman dan dimulai di Desa Kampung Gadang merasa sangat bangga dan senang telah dapat mewujudkan arahan dari pemerintah pusat mengenai satu data Indonesia. Ini akan kita kembangkan di desa-desa lainnya di Kota Pariaman," pungkasnya mengakhiri.

(win/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update