Track MTB XCC Race 2022 Menantang dan Pemandangannya Indah
×

Adsense

Adsense Mobile

Track MTB XCC Race 2022 Menantang dan Pemandangannya Indah

Senin, 28 Maret 2022 | 00:00 WIB Last Updated 2022-03-27T17:00:00Z


loading...

Start Track MTB XCC Race 2022
Start Track MTB XCC Race 2022. (f/mcp)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Setelah hari pertama MTB Fun Bike 2022 digelar Sabtu (26/3/2022) di Pantai Kata, di hari kedua Minggu (27/3), MTB XCC Race 2022 kembali dilaksanakan, masih bertempat di Pantai Kata Pariaman.

MTB XCC Race merupakan balap sepeda gunung (MTB Race), yang umumnya dilakukan pada jalanan off road, baik alami maupun buatan, dan beberapa rute bisa melintasi jalan on road, tetapi dengan batasan tertentu.

Hal tersebut disampaikan oleh Dwi Marhen Yono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman di lokasi acara, Minggu 27 Maret 2022.

“Untuk peserta yang ikut kompetisi XCC Race ini berjumlah sebanyak 136 peserta, melebihi dari target sebelumnya yang diperkirakan sebanyak 100 orang peserta. Kompetisi ini memperebutkan hadiah total sebesar 36 juta rupiah, yang sumber dananya berasal dari hasil sinergi Pemerintah Kota Pariaman dengan Kementerian Pariwisata", ungkap Dwi Marhen Yono.

Marhen menyebutkan, ada 10 Kategori yang diperlombakan di XCC Race ini, diantaranya adalah Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Youth, Women Youth, Women Junior, Women Open, Men Amatir, Men Junior, dan Men Elite.

Untuk jumlah putaran masing-masing kategori tidak sama, seperti Kategori Master A, B, dan C, mereka harus melalui lima kali putaran, untuk mencapai target 10 km yang telah ditetapkan oleh panitia, karena rute yang dilalui adalah lebih kurang sepanjang 2 km, kategori women open hanya satu kali putaran, dan kategori lainnya juga tidak sama.

Untuk tahun 2022 MTB XCC Race diikuti oleh daerah Jambi, Dumai, Pekanbaru, Medan, Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

“Semoga MTB XCC Race ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya, dan ke depannya tidak hanya dari Sumatera saja pesertanya, akan tetapi sudah merambah ke Tingkat Nasional”, ujar Marhen.

Sementara itu, Ziko Purmindo dari club ISSI Payakumbuh salah satu peserta XCC Race, dan juga peraih Juara I Kategori Master A menyatakan sangat senang mengikuti kompetisi ini, karena selain tracknya yang cukup menantang juga rutenya melewati spot-spot wisata yang menarik, seperti melewati hutan Pinus disekitar pantai, harus melalui pasir pantai yang cukup menguras tenaga, dan melewati jalan-jalan di sepanjang pantai kata.

"Kalau bisa kompetisi seperti ini tidak hanya digelar satu kali saja dalam setahun, akan tetapi kalau dapat bisa dilakukan dua kali dalam setahun, karena mempunyai lokasi dan track yang menantang dan indah”, terang Ziko (37).

Ziko menjelaskan, banyak anak-anak muda berbakat yang bisa mengikuti kompetisi seperti ini, karena selain bisa olahraga, mereka juga bisa menikmati keindahan wisata di Kota Pariaman. Yang pasti rutenya mantap, dan tracknya menantang.

(tci/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update