Malam Keakraban Warga Rantau Gumanti Riau Dihadiri Anggota Dewan
×

Adsense

Adsense Mobile

Advertisement

Malam Keakraban Warga Rantau Gumanti Riau Dihadiri Anggota Dewan

Minggu, 24 April 2022 | 14.30 WIB Last Updated 2022-04-24T10:07:50Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Malam Keakraban Warga Rantau Gumanti Riau
Malam Keakraban Warga Rantau Gumanti Riau.

Pekanbaru, MJNews.id - Menuju kesuksesan Masyarakat Alam Gumanti (MAG) dari berbagai elemen organisasi se Propinsi Riau, gelar malam keakraban yang dikemas dalam bentuk buka bersama.

Menurut Kordinator Wilayah Ikatan Keluarga Lembah Gumanti (IKLG) Riau, Asrizal Nurdin ‘Pandeka’ Danau (AND), ini merupakan organisasi rantau Minang yang berasal dari Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang berada di berbagai wilayah kabupaten/kota se Propinsi Riau.

Dalam siaran Pers AND Pandeka kepada rekan media yang domisili di kampung mengabarkan, bahwa pada malam Minggu (23/4/2022) buka bersama bertempat di Resto Ayam Remuk Pak Tisto di Jalan SM Amin PKU Simpang tiga Tobek Gadang Pekanbaru, dihadiri berbagai komponen organisasi warga alam Gumanti.

Yaitu selain keluarga, juga warga Gumanti, mahasiswa Gumanti dengan dihadiri juga Arlon Sutan Sati angota DPRD Kabupaten Solok dari Daerah Pemilihan Ranah Gumanti.

“Selain menjalin silaturrahmi, sekaligus menyerap Aspirasi dan masukan, antara perantau terhadap kondisi Kabupaten Solok saat ini. Selanjutnya juga menjalin kerja sama yg baik selama ini terhadap peran dan hubungan Ranah bersama Rantau," sebut Pandeka yang juga menjabat organisasi rantau seperti Waka PKKS Riau, IKMR Riau, FPK Riau dan Gebu Minang.

Kesatuan Minang Diaspora yang disandang Pandeka, tiada lain membangun jembatan hati sesama perantau yang berasal dari daerah yang sama. Baik sebagai orang Minang, orang Solok, asal Ranah Gumanti untuk membangun keakraban dan menjalin kebersamaan, demi memajukan penghidupan peradaban yang Madani.

“Kita kalau merantau memakai istilah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dan dunsanak pun dicari”, tutur bijak Pandeka.

Sehingga dengan memakai filosofi ini, kita perantau Minang bisa menempatkan diri secara baik, dan menjadi berharga serta dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita.

Buka Bersama Warga Rantau Gumanti Riau
Buka Bersama Warga Rantau Gumanti Riau.

Acara buka Bersama ini juga diwakili oleh para perantau dari beberapa nagari di Lembah Gumanti dan juga perwakilan Pedagang Pasar Induk Pekan Baru, Ustadz Hendra Guswendri Malin Mancayo dan Waka IKLG Zamra Elva. Turut menghadiri pula Para ketua IK Kenagarian dan Bundo Kanduang.

Seperti diungkapkan Pandeka, dengan begitu pentingnya peran perantau dan Ormas IKLG Riau di Perantauan, apalagi dalam melindunggi para pedagang Pasar Induk PKU yang mayoritas pedagang sayur dan bawang berasal dari Lembah Gumanti dan Sekitarnya.

“Yang perlu kita ayomi di Pasar Induk tersebut”, kata Pandeka yang juga menjabat sebagai ketua Harian APS – 3, yaitu Asosiasi Pedagang Solok Saiyo Sakato.

Hebatnya, Pandeka pun terlibat menjadi Pengurus Forum Pembauran Kebangsaaan Riau (FPK) Riau yang merupakan Ormas plat merah mitra Gubri di Riau, yang mengkoordinir Paguyuban se Propinsi Riau.

Kemudian seiring perkembangan wilayah dalam otonomi pemerintahan sebentar lagi IKLG Riau siap dikukuhkan dan dilantik menjadi Masyarakat Alam Gumanti (MAG) Riau. Nama ini berobah disebabkan penggabungan dua kecamatan, terdiri Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti, sebagaimana dulu satu kesatuan di IKLG, maka berdasarkan hasil Munas MAG di Jakarta, mengembangkan diri dan memperluas Ormasnya MAG.

“Kepengurusan MAG ini sudah terbentuk di Pusat, Insya Allah habis lebaran dikukuhkan di Jakarta”, jelasnya.

Untuk itu setiap Ormas baik di setiap propinsi yang ada di seluruh Indonesia termasuk di Riau, Pandeka selaku Korwil IKLG selalu ‘siap’ mensosialisasikan dan mempersiapkan diri untuk dilantik dan dikukuhkan menjadi MAG Riau.

Selamat dan semoga sukses.

(yasril yakub)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update