Pemko Sawahlunto Tindaklanjuti Usulan Adinegoro Sebagai Pahlawan Nasional

Rapat Tindaklanjut Usulan Adinegoro Sebagai Pahlawan Nasional
Pemko Sawahlunto terus Tindaklanjuti Usulan Adinegoro Sebagai Pahlawan Nasional. (f/humas)

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Untuk itu, Pemko Sawahlunto akan terus mendorong guna keberlanjutan dari usulan tersebut secara komprehensif.
Untuk tindak lanjutnya, Pemko Sawahlunto pada Selasa (5/4/2022) melakukan rapat tindak lanjut dari pengusulan tersebut, yang dipimpin langsung oleh Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH di ruang rapat Balaikota Sawahlunto. 
Dalam rapat tersebut, dibahas antara lain tentang pembentukan Tim Peneliti, Pengkaji Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), sebagai salah satu dari tahapan pengusulan dalam mengajukan Adinegoro sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah pusat. Berbagai tahapan lainnya, akan menggelar seminar nasional dan menyusun naskah akademik. 
Wako Sawahlunto dalam rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tersebut, juga dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Basril Basyar dan Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Sumbar, Wannofri Samry. 
Sementara secara daring melalui Zoom Meeting, pada kegiatan rapat ini juga ikut bergabung anak kandung dari Almarhum Adinegoro, Adiwarsita Adinegoro serta tokoh aktifis dan wartawan nasional, Iwan Piliang yang cukup banyak mengetahui literasi tentang kiprah Adinegoro sebagai pahlawan.
(Fd/Enggo)