Tim I Safari Ramadhan Sampaikan Berbagai Program Pemko Sawahlunto

Tim I Safari Ramadhan Pemko Sawahlunto berikan bantuan kepada pengurus Masjid Taqwa Talawi Mudik
Tim I Safari Ramadhan Pemko Sawahlunto berikan bantuan kepada pengurus Masjid Taqwa Talawi Mudik. (f/humas)
SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH bersama Tim I Safari Ramadhan pada hari pertama tim ramadhan Kota Sawahlunto, sesuai jadwal Tim Ramadhan 1443 H tingkat kota, pada Senin (11/4/2022) malam, mengunjungi Masjid Taqwa Talawi Mudik, Kota Sawahlunto.
Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan selalu hadir untuk masyarakat Kota Sawahlunto melalui berbagai program yang dicanangkan. Namun partisipasi masyarakat, tentulah sangat penting untuk memastikan bahwa setiap program tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar serta bermamfaat bagi masyarakat banyak. 
Hal ini, merupakan wujud dari kebersamaan dalam mendukung program pembangunan di kota wisata tambang yang berbudaya, dan telah diakui oleh badan dunia UNESCO. 
Dan nilai kebersamaan tersebut, bagi Sawahlunto telah membuahkan hasil maksimal. Kota Sawahlunto mampu menggeser kota/kabupaten lain di Indonesia dengan menjadi pemuncak indeks angka kemiskinan terendah di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan, di tengah Pandemi Covid-19 Kota Sawahlunto mampu menekan angka kemiskinan melalui berbagai program yang ada. 
Wali Kota juga memparkan beberapa program yang tertuang dalam visi misi pemerintahan Deri Asta Zohirin, diantaranya di bidang keagamaan. Sawahlunto saat ini, telah berdiri Rumah Tahfizd yang merupakan pondasi kuat bagi generasi muda dalam membentengi diri dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. 
Sejak 2019, untuk menciptakan kehidupan beragama yang lebih baik, Pemko mulai membina 10 rumah tahfiz dan terus meningkat dratis sampai pada tahun 2021, sudah menjadi 38 rumah tahfizd. Dan pada tahun 2022 ini, ditargetkan akan mencapai 50 rumah tahfiz. 
“Sehingga nantinya Sawahlunto akan menjadi gudangnya rumah tahfizd di Sumatera Barat dengan generasi mahir membaca Al-Qur’an dengan lingkungan generasi madani,” ungkap Ketua Tim Ramadhan Deri Asta. 
Sementara itu, pada bidang pendidikan Wako Deri Asta memaparkan bahwa, saat ini sudah berdiri kampus UNP di Kota Sawahlunto, yang merupakan langkah strategis dalam meningkatkan sektor pendidikan. Jika pada tahun sebelumnya, hanya ada 3 prodi dan pada tahun 2022 ini akan bertambah 3 prodi lainnya, S1 PGSD dan S1 PGTK. Serta Pemko Sawahlunto juga tetap memberi reward bagi mahasiswa asal kota Sawahlunto dalam bentuk biaya pendidikan. 
Dalam kegiatan safari ramadhan ini, turut hadir anggota tim I seperti Jaswandi SE, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Rusdi, Pimpicana Cabang Bank Nagari Sawahlunto serta Yulfaizon, GM PTBA Unit Pertambangan Ombilin Sawahlunto. 
Tim I Safari Ramadhan Pemko Sawahlunto berikan bantuan kepada pengurus Masjid Raya Silungkang
Tim I Safari Ramadhan Pemko Sawahlunto berikan bantuan kepada pengurus Masjid Raya Silungkang. (f/humas)
Baca Juga  Waqaf 1000 Hafiz ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung

Sementara itu, pada hari kedua Selasa (12/4/2022) Tim Ramadhan Tingkat Kota Sawahlunto, yang diketuai langsung oleh Wako Deri Asta mengunjungi Masjid Raya Silungkang di Jalan Lintas Sumatera, Desa Silungkang Tigo. 
Wako Sawahlunto mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah dengan ikhtiyar bersama, kita dapat kembali melaksanakan shalat terawih secara berjamaah, setelah 2 tahun berturut tidak bisa melaksanakannya akibat Pandemi Covid-19. 
Seperti pada kunjungan pertama Tim Ramadhan di Talawi, Wako Sawahlunto juga menyampaikan berbagai program Pemerintah Kota Sawahlunto yang telah tertuang dalam visi misi pemerintahan Deri Asta – Zohirin. Diantaranya, pada bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, pertanian dan beberapa sektor lainnya. 
Pada kesempatan ini, juga diberikan bantuan dari Bank Nagari serta PTBA UPO kepada Pengurus Masjid Raya Silungkang serta dari Pemerintah Kota Sawahlunto untuk beberapa Mushola yang ada di Kecamatan Silungkang.
(Fd/Enggo)