Wabup Pasbar Paparkan Program Hafiz Al-Qur'an di Safari Ramadhan
×

Adsense

Adsense Mobile

Wabup Pasbar Paparkan Program Hafiz Al-Qur'an di Safari Ramadhan

Sabtu, 30 April 2022 | 11:30 WIB Last Updated 2022-04-30T12:56:46Z


loading...

Risnawanto paparkan Program Hafiz Al-Qur'an di Safari Ramadhan
Wabup Pasbar, Risnawanto paparkan Program Hafiz Al-Qur'an di Safari Ramadhan. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) memaparkan program Hafiz Al-Qur'an di dalam kunjungan Safari Ramadan ke Masjid Musdalifah, Jorong Simpang Godang Sungai Aur. Wakil Bupati Pasbar Risnawanto menegaskan jika program tersebut sukses dijalankan maka tahun mendatang akan tumbuh hafiz-hafiz andal.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Risnawanto ketika mendampingi Tim Safari Ramdhan (TSR) Provinsi Sumbar yang diketuai oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius dan didampingi oleh stakeholder terkait lainnya, Jumat (29/4/2022).

Hadir juga dalam kesempatan itu, Bupati Pasbar Hamsuardi, Sekda Pasbar Hendra Putra, seluruh kepala OPD, camat dan wali nagari.

"Hafiz Al-Qur'an ini kita tetapkan menjadi program unggulan di bidang Agama. Itu untuk murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP),"kata Risnawanto.

Ia melanjutkan, program ini harus mendapatkan perhatian dari camat dan wali nagari di tingkat bawah. Jika ini berjalan dengan maksimal, maka sebanyak puluhan ribu pelajar Pasbar ke depan akan hafal Al-Qur'an.

"Misalnya setiap tahun lulusan SD dan SMP itu hafal satu jus, dua jus hingga 3 jus Al-Qur'an. Tentunya akan terus bertambah jika jenjang pendidikan yang Ia tempuh semakin panjang. Itulah yang kita harapkan sehingga lahirlah Hafiz Al-Qur'an dan pemimpin yang hafiz Al-Qur'an di masa mendatang di Bumi Mekar Tuah Basamo ini," katanya.

Ia juga menegaskan jika di bulan suci Ramadan dan terkhusus di penghujung Ramadan ini semakin banyak pahala yang diperoleh. Untuk itu, diharapkan masyarakat Pasbar bisa panen pahala dan mengambil kesempatan itu.

"Kita juga punya program magrib mengaji, untuk itu di bulan Ramadan ini perbanyak lah membaca Alquran," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius mengatakan seyogyanya gubernur Sumbar yang hadir dalam TSR tersebut. Namun, karena kondisi orang tua beliau sedang sakit, maka beliau menjaga orang tua beliau. Ia berharap kehadirannya di malam itu tidak mengurangi arti dan makna.

Barlius juga mengapresiasi program pemerintah daerah Pasbar tentang Hafiz Al-Qur'an tingkat SD dan SMP. Karena mendapatkan dukungan dari pemerintah diyakini program tersebut akan terus mengalami peningkatan.

"Itu program yang luar biasa. Ditambah dengan penghargaan yang diberikan kepada pelajar yang berprestasi. Termasuk penghargaan dari pemerintah daerah untuk pelajar yang berprestasi. Saya berharap semoga cita-cita dan program ini berjalan dengan baik,"katanya.

Karena, lanjutnya mencetak generasi emas dan beriman bertakwa itu sulit. Jika membangun infrastruktur, membangun fisik itu hal yang bisa dilakukan dengan cepat. Namun, mencetak generasi emas, beriman bertakwa itu perlu dilakukan dari awal, konsisten dan berkelanjutan.

"Karena mencetak generasi muda yang beriman bertakwa itu tidak mudah. Harus menjadi fokus semua pihak, termasuk pemerintah, sekolah, masyarakat dan orang tua tentunya," ujar Barlius. 

Dalam kesempatan itu, TSR Provinsi Sumbar memberikan bantuan untuk pembangunan masjid Musdalifah sebesar Rp 50 juta, serta Al-Qur'an.

(ded)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update