Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Hibah untuk Rumah Ibadah di Tambelan
×

Adsense

Adsense Mobile

Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Hibah untuk Rumah Ibadah di Tambelan

Sabtu, 07 Mei 2022 | 21:10 WIB Last Updated 2022-05-11T17:11:54Z


loading...

Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Hibah untuk Rumah Ibadah di Tambelan
Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan dana hibah rumah ibadah untuk kecamatan Tambelan, Sabtu (07/05/2022). (f/biro adpim)

KEPRI, Mjnews.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan dana hibah rumah ibadah untuk kecamatan Tambelan, Sabtu (07/05/2022). Pemberian bantuan dana hibah untuk rumah ibadah ini menjadi agenda tetap Gubernur Ansar dalam setiap lawatannya ke pulau-pulau di Kepri.

Sedikitnya ada lima masjid dan satu mushalla di Kecamatan Tambelan yang menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun ini. Kelima masjid yang menerima bantuan dana hibah tersebut adalah Masjid Al-Furqon Desa Pulau Pinang, Masjid Al-Hidayah Desa Mentebung, Masjid Darussalam Pulau Pengikik, Masjid Jami' Dakwatul Islamiah Desa Kukup, Masjid Nurul Bahari Pulau Pejantan, Masjid Raya Baitul Rahmat Desa Batu Lepuk, dan Surau Al-Soleh Desa Hilir. Adapun nilai bantuan dana hibah yang diberikan kepada masjid dan Surau tersebut berjumlah Rp46 juta untuk masing-masing masjid dan Surau.

Gubernur Ansar mengatakan keberadaan masjid di pulau-pulau terpencil di Kepri harus diperhatikan, sebab masjid dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat sekaligus pusat pengembangan keimanan dan ketaqwaan masyarakat pulau.

"Tahun ini kita sudah banyak memberikan bantuan untuk perbaikan rumah ibadah, dana tersebut harus digunakan sebaik-baiknya untuk melakukan renovasi masjid supaya masyarakat bisa beribadah dengan nyaman," kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar pun menyinggung soal penerangan masjid raya Tambelan Baitul Rahmat yang menurutnya masih sangat minim. Dirinya yang setibanya di Tambelan langsung menunaikan solat magrib di Masjid Baitul Rahmat merasa penerangan malam hari di dalam masjid yang remang-remang akan membuat jamaah tidak bisa sholat dengan khusyuk.

"Masjid walaupun di malam hari harus terasa seperti siang hari dengan penerangan yang melimpah, kasian anak-anak yang mengaji akan cepat rabun matanya kalau masjidnya redup seperti ini," kata Gubernur Ansar.

Selanjutnya Gubernur Ansar menjelaskan tentang program Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang mengirim 50 ustad ke berbagai pulau-pulau terpencil di Kepri. Kecamatan Tambelan sendiri ada tiga ustad yang dikirim Pemprov Kepri untuk memberikan tausiyah ataupun menjaga keimanan masyarakat Tambelan.

Disebarnya para ustad ke pulau-pulau terpencil ini menurut Gubernur Ansar dapat membantu masyarakat di pulau mendapatkan ilmu agama sehingga mereka terus mendapatkan penghidupan yang baik secara batiniah.

Salah seorang tokoh masyarakat Tambelan, Hidayat, mengungkapkan perhatian Gubernur Ansar terhadap masjid di Kecamatan Tambelan telah dilakukannya sejak masih menjabat sebagai Bupati Bintan. Salah satu perhatian Gubernur Ansar adalah renovasi masjid Jami Da'watul Islamiyyah yang sangat dirasakan manfaatnya.

"Kami hanya bisa berterima kasih atas perhatian bapak Gubernur terhadap masjid di Tambelan ini, perhatian beliau tidak pernah berkurang dari semenjak jadi Bupati Bintan," kata Hidayat.

Tidak hanya bantuan dana hibah rumah ibadah, pada kesempatan tersebut juga diberikan peralatan Kube kepada sepuluh Kube di Kecamatan Tambelan. Diberikan juga bantuan operasional LKS untuk panti asuhan Jannatul Naim.

(isb)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update