Polres Pessel Kembali Salurkan Bantuan Tunai Pangan Minyak Goreng
×

Adsense

Adsense Mobile

Polres Pessel Kembali Salurkan Bantuan Tunai Pangan Minyak Goreng

Minggu, 01 Mei 2022 | 22:00 WIB Last Updated 2022-05-01T15:00:00Z


loading...

Polres Pessel Kembali Salurkan Bantuan Tunai Pangan Minyak Goreng
Polres Pessel Kembali Salurkan Bantuan Tunai Pangan Minyak Goreng. (f/humas)

PESISIR SELATAN, Mjnews.id - Pemerintah meluncurkan Bantuan Tunai Pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW). Bantuan ini menyasar 2,5 juta PKLW, utamanya usaha makanan.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp.300.000 untuk tiap penerima manfaat dan akan disalurkan sekaligus pada bulan April 2022 oleh TNI/Polri.

Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H telah melaunching Penyaluran Bantuan Tunai Pangan (minyak goreng) kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung di Mapolres Pesisir Selatan, pagi tadi Senin 25 April 2022 untuk Tahap I Wilayah Kecamatan IV Jurai.

Sedangkan untuk hari ini Sabtu 30 April 2022 disalurkan bagi wilayah Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang dan Ransir (Ranah Pesisir) di Kab. Pessel bekerja sama dengan ketiga Polsek yakni Polsek Batang Kapas, Polsek Sutera, Polsek Lengayang dan Polsek Ranah Pesisir.

Kapolres AKBP Sri Wibowo mengutarakan, saat ini Pemerintah meluncurkan Bantuan Tunai Pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW), bantuan ini menyasar 2,5 juta PKLW utamanya usaha makanan.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 300.000 untuk tiap penerima manfaat dan akan disalurkan sekaligus pada bulan April 2022 oleh Polri, untuk Polres Pesisir Selatan sebagai pengemban tugas untuk menyalurkan adalah Sat Binmas.

"Saya berpesan agar betul-betul dipastikan penerima manfaat adalah masyarakat pedagang kaki lima yang terdampak pandemi dan yang membutuhkan dari segi ekonomi selama ini kesulitan akibat terimbasnya kelangkaan dan harga minyak goreng," ujar Kapolres Pessel.

Kasat Binmas AKP Gusfriandi, SH mengatakan, Penjaringan dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas sejajaran kebetulan di Polres Pessel ada 11 jajaran, sudah berjalan selama 4 minggu ini mulai menjaring masyarakat pedagang dengan mendatangi langsung bersama perangkat nagari masing-masing agar tepat sasaran.

Ditambah dengan menggunakan APK Aplikasi yang berbasis pendataan terhadap sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai Pangan Minyak Goreng Bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) antara lain pedagang asongan, kaki lima, menggunakan sepeda, gerobak, tenda, warung tegal, kopi dan rokok sesuai dengan STR-654/VII/OPS.2/2021 Tanggal 21 Agustus 2021.

Mereka yang mendapatkan bantuan sekarang ini adalah wilayah Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang dan Ransir tentunya yang telah mendapatkan undangan sebelumnya, mereka datang sesuai jadwal yang telah ditentukan dan diverifikasi kembali oleh personel kami yang telah disiapkan dimeja pendaftaran, agar tidak terjadi double menerima bantuan dari pemerintah, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi terutama dipastikan sudah di vaksinasi dosis III berlokasi di Polsek Batang Kapas, Polsek Sutera, Polsek Lengayang dan Polsek Ranah Pesisir berlangsung sedari pagi hari hingga sore harinya.

Kasat berujar, Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan pemilik warung.

Pemerintah ingin agar bantuan ini dapat diterima oleh penerima manfaat secara langsung yang benar-benar berhak sehingga menugaskan Polri untuk melakukan penyaluran bantuan ke masyarakat.

Kasat Binmas AKP Gusfriandi, SH menambahkan saat melaunching Penyaluran BTP (minyak goreng) PKL/W adapun persyaratan bagi penerima bantuan merupakan Pedagang Kaki Lima dan Warung dengan membawa KTP Elektronik.

“Syaratnya merupakan para pedagang kaki lima dan warung mikro cukup dengan membawa KTP elektronik saja untuk dapat menerima BTP tersebut,” jelasnya.

Target penyaluran Bantuan Tunai Pangan (minyak goreng) PKL/W diharapkan akan selesai penyalurannya sebelum lebaran Idul Fitri untuk Kabupaten Pessel.

“Rencana target penyaluran Bantuan Tunai Pangan akan kita kejar dan mudah-mudahan sebelum Hari Raya Idul Fitri penyaluran Bantuan Tunai Pangan ini dapat terselesaikan,” tutupnya.

Pantauan Humas di lapangan, “Syartini (40) salah seorang pedagang kaki lima yang berdagang minuman jus di pasar Tarusan sangat berterima kasih sekali bantuan dari pemerintah sangat membantu bisa untuk modal dagangannya dan mengucapkan Terima kasih kepada Polres Pesisir Selatan dalam menyalurkan bantuan tanpa adanya potongan apapun. “Terima Kasih Pak Polisi, ucapnya.

Sedangkan BTP-KLW yang tersalurkan :

1. Polsek Katang Kapas
Target BTP : 760 org
Masy Sutera : 282 org
Disalurkan : 268 org
Tdk tersalur : 14 org
Ket : 14 org tidak hadir

Masy Btg Kapas : 478
Disalurkan : 442 org
Tdk tersalur : 36 org
Ket : 36 org tidak hadir

2. Polsek Lengayang
Target BTP : 419 org
Disalurkan : 384 org
Tdk tersalur : 35 org
Ket. : 35 org tidak hadir

3. Polsek Ransir
Target BTP : 324 org
Disalurkan. : 316 org
Tdk tersalur : 8 org
Ket. : 8 org tidak hadir

Total Penyaluran BTP :
Target BTP : 1.503 org
Jml Disalurkan : 1.410
Tdk tersalurkan : 93 org
Ket. : 93 org tidak hadir.

Pada Minggu 01 Apr 2022 pukul 08.00 s/d 17.00 WIB :
Dilaksanakan Penyaluran BTPKLW di :
1. Polsek Linggo sari baganti
2. Polsek Pancung Soal
3. Polsek BAB Tapan
4. Polsek Lunang Silaut

Rencananya menurut Kasat Binmas besok direncakan disalurkan untuk wilayah kecamatan di atas masyarakat diharapkan hadir semuanya agar bisa memanfaatkan bantuan ini sebelum lebaran.

Hadir juga Kabid Keu Polda Sumbar, Kombes Pol Toto Fajar Prasetyo, SE, M.M pada saat penyaluran, beliau datang memastikan agar jalannya penyaluran tepat sasaran dan tanpa pemotongan dari pihak manapun juga.

(*/hms)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update