Kabid PAPKIS Kanwil Kemenag Sumbar Kunjungi PPDM Sungai Cubadak
×

Adsense

Adsense Mobile

Advertisement

Kabid PAPKIS Kanwil Kemenag Sumbar Kunjungi PPDM Sungai Cubadak

Senin, 20 Juni 2022 | 11.58 WIB Last Updated 2022-06-23T06:20:38Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Naharuddin kunjungi PPDM Sungai Cubadak
Kabid PAPKIS Kanwil Kemenag Sumbar, Naharuddin kunjungi PPDM Sungai Cubadak. (f/humas)

AGAM, Mjnews.id - Pondok Pesantren Darul Makmur (PPDM) Sungai Cubadak dikunjungi oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, Naharuddin, Senin (20/6/2022) pagi.

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan pengelolaan Pondok Pesantren dan penyerahan bantuan buku-buku beserta kitab kuning dari Kabid PAPKIS beserta rombongan.

Turut hadir mendampingi yakni Pengelola Bidang PAPKIS Kanwil Kemenag Sumbar, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP) Kantor Kemenag Kabupaten Agam, dan Kepala KUA Kecamatan Baso. Kegiatan yang berlangsung sampai Zhuhur itu bertempat di Aula Kampus Satu PPDM Sungai Cubadak.

Kabid PAPKIS beserta rombongan disambut oleh Pengurus Yayasan PPDM Sungai Cubadak, Syaikhul Madrasah, Pimpinan Pondok, Kepala Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah, serta tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan PPDM. Nurnis, selaku Wakil Ketua Yayasan PPDM mengucapkan rasa terima kasih dan berbangga hati dalam sambutannya atas kehadiran rombongan dari Kementerian Agama.

Ia juga menyampaikan permintaan mengenai studi lanjutan alumni PPDM nanti, agar mendapatkan peluang ke luar negeri dan juga peluang beasiswa.

“Alhamdulillah alumni PPDM sejak tamat pertama tahun 2018 sudah menjadi mahasiswa di beberapa perguruan tinggi, baik Sumatera maupun Jawa. Namun kita juga ingin para alumni ini nanti beranjak jauh menuntut ilmu dan kami memohon kepada Pak Kabid agar dapat memberikan jalan untuk bekerja sama. Dengan memberikan beasiswa, dan juga memberikan peluang untuk ke luar negeri,” ujar Nurnis.

Hal senada juga disampaikan Syaikhul Madrasah, Abuya Marwan Alwi. Di samping membicarakan seputar pendidikan di perguruan tinggi bagi alumni, beliau juga memperkenalkan terkait jumlah santri, keberadaan asrama dan kondisi Pondok Pesantren dalam sambutannya.

Selanjutnya, di awal pemaparan untuk pembinaan kepada civitas akademika PPDM Sungai Cubadak, Kabid PAPKIS Naharuddin menyampaikan bahwa PPDM merupakan Pondok Pesantren pertama yang kami kunjungi di Kabupaten Agam setelah kami dipindahtugaskan ke Kanwil.

Banyak harapan yang tertompang kepada beliau, terutama mengenai pengelolaan Pondok Pesantren. Sehingga di akhir pertemuan tadi dibuka sesi diskusi untuk menjawab segala keresahan dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait sumber dana dan bantuan-bantuan yang diperuntukkan bagi pondok pesantren.

Kegiatan diakhiri dengan shalat Zhuhur dan makan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah sekaligus memperkenalkan kampus dua PPDM, di mana telah menjadi tempat belajar santri tingkat Tsanawiyah, yang juga disertai kantor majelis guru, ruang TU, ruang kepala sekolah tingkat Tsnawiyah dan perpustakaan.

(hms)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update