Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat Sosialisasikan Pelatihan Anyaman
×

Adsense

Adsense Mobile

Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat Sosialisasikan Pelatihan Anyaman

Kamis, 28 Juli 2022 | 07.00 WIB Last Updated 2022-07-28T05:14:34Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat Sosialisasikan Pelatihan Anyaman
Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat Sosialisasikan Pelatihan Anyaman. (f/ist)

Nias Barat, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat, melalui Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat melaksanakan sosialisasi kegiatan pelatihan anyaman, berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 27-29 Juli 2022, bertempat di Toziro Beach Sirombu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Pelaksanaan sosialisasi kegiatan pelatihan anyaman tersebut dibuka langsung oleh Bupati Nias Barat yang diwakili oleh Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo, bertempat di Toziro Beach Sirombu, Rabu (27/07/2022).

Prof. Dr. Fakhili Gulo, menyampaikan dalam pembukaan acara tersebut bahwa, mengapresiasi langkah program Dinas Ketenagakerjaan-UKM Nias Barat yang baru melaksanakan sosialisasi kegiatan pelatihan anyaman bagi pengrajin dan pelaku usaha diwilayah Kabupaten Nias Barat.

“Patut diapresiasi kepada Dinas Ketenagakerjaan-KUM dapat memfasilitasi Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil dalam pengembangan produksi dan pengelolaan, pemasaran, SDM dan Desain”, jelasnya.

“Pengrajin Anyaman adalah sesuatu produk lokal. Berbahagialah karena Pemerintah Pusat telah memberikan perhatiannya kepada Warga Nias Barat sebagai daerah 3T terextrim, dengan demikian harapan dapat memproduksi yang menarik, berkualitas dan memperoleh nilai jual yang maksimal”, himbaunya.

Sebelumnya, Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Herti Rahayu, S.Sos, Plt. Kepala Dinas Ketenagakerjaan-KUM Kabupaten Nias Barat menyampaikan laporannya bahwa, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan anyaman bagi pengrajin di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat T.A 2022 tersebut berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 2021, tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah; Nomor 05/Per/M.KUKM/IX/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian KUKM.

“Tujuan kegiatan dimaksud agar terciptanya produk bernuansa anyaman khas daerah Nias Barat, berkualitas dan berdaya saing. Membangun dan menciptakan jiwa wirausaha, mendorong dan meningkatkan kinerja para pelaku usaha, serta mendorong dan meningkatkan penghasil pengrajin anyaman”, jelas Herti Rahayu Hia, S.Sos.

Untuk tercapainya tujuan yang maksimal panitia telah menyediakan Narasumber sekaligus Pelatih, diantaranya : Yudinaria Waoma, Stefani Miranda Duha, Nofirman Waruwu, Herti Rahayu Hia, S.Sos dan Arnoldus J.Harefa, S.T.

Adapun materi yang disampaikan yakni, Teknik Anyaman, Pola Penciptaan Produk dari Anyaman, Pelatihan Pembuatan Anting-anting dari Anyaman, serta Pelatihan Pembuatan Tas dari Anyaman.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo, Kepala OPD, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Barat, Ny. Merryani Fakhili Gulo, Para Narasumber, Kabid dan Kasubag Dinas Ketenagakerjaan-KUM Nias Barat, serta peserta sosialisasi pelatihan anyaman yang telah terseleksi sebelumnya. 

(Emuni)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update