Dispangtan Padang Panjang Adakan Lomba Masak Serba Ikan, Ini Pemenangnya
×

Adsense

Adsense Mobile

Dispangtan Padang Panjang Adakan Lomba Masak Serba Ikan, Ini Pemenangnya

Kamis, 14 Juli 2022 | 09.30 WIB Last Updated 2022-07-14T03:01:07Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pemenang Lomba Masak Serba Ikan
Pemenang Lomba Masak Serba Ikan. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Guna mencegah stunting dan menyehatkan masyarakat, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) gelar Lomba Masak Serba Ikan Kader TP-PKK Kelurahan se-Kota Padang Panjang, di Aula Balai Benih Ikan, Rabu (13/7/2022).

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP mengatakan, dengan masih tingginya angka stunting di kota ini, diharapkan kepada semua kader PKK yang mengikuti lomba memasak serba ikan ini, bisa membantu dan memiliki peran mulia dalam menyejahterakan keluarga dengan menghasilkan SDM yang berkualitas.

“Salah satu yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari ikan. Karena ikan merupakan protein hewani yang paling bagus dan mudah dicerna, memiliki gizi paling bagus. Seperti Omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan,” ujarnya.

Dokter Dian juga menambahkan, angka konsumsi ikan di Kota Padang Panjang ini masih tergolong rendah, hanya sekitar 40 kg. Maka untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan ini, harus melakukan berbagai cara. Seperti sering melaksanakan sosialisasi, menghasilkan resep inovasi baru agar balita tertarik untuk memakan ikan.

“Namun yang paling penting, kami harapkan kepada ketua TP-PKK Kelurahan untuk membentuk Forikan di setiap kelurahan. Ini kita lakukan untuk menghasilkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan,” tuturnya lagi.

Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P menyebutkan, lomba yang dilaksanakan ini mengangkat tiga menu. Di antaranya menu keluarga, menu kudapan dan menu balita yang menggunakan bahan utama ikan lele.

“Kita berharap dengan diadakannya lomba ini, kader PKK bisa menjadi panutan bagi masyarakat dalam menghasilkan menu-menu makanan bergizi,” ucapnya.

Usai melakukan penilaian, Dokter Dian bersama juri lain, di antaranya perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar, Ir. Fariyetmi, M.Si, Nutrisionis Dinas Kesehatan, Mella Yosiska mengumumkan para pemenang. Untuk menu keluarga, juara I Kelurahan Pasar Baru, Kelurahan Tanah Hitam (juara II), Kelurahan Ganting (juara III). Untuk menu Balita, juara I Kelurahan Koto Panjang, Kelurahan Guguk Malintang (juara II), Kelurahan Sigando (juara III). Sedangkan menu kudapan, juara I Kelurahan Sigando, Kelurahan Koto Panjang (juara II), dan Kelurahan Koto Katik (juara III).

Ikut hadir, Ketua GOW Kota, Nova Era Yanthy Asrul, lurah se-Kota Padang Panjang serta ketua TP-PKK Kelurahan se-Kota Padang Panjang.

(tia/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update