Dokter Dian Peragakan Baju Basiba Motif Kaluak Paku
×

Adsense

Adsense Mobile

Dokter Dian Peragakan Baju Basiba Motif Kaluak Paku

Kamis, 21 Juli 2022 | 09.30 WIB Last Updated 2022-07-21T06:34:34Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dokter Dian Peragakan Baju Basiba Motif Kaluak Paku
Dokter Dian Peragakan Baju Basiba Motif Kaluak Paku. (f/kominfo)

AGAM, Mjnews.id - Pada Jambore Kader PKK Berprestasi XIX Tingkat Provinsi, Ketua TP-PKK Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp, JP kenakan Baju Basiba bermotif "Kaluak Paku" saat Fashion Show Lomba Merancang Busana Kembaran PKK Program Pokja III, Rabu (20/7/2022) di Hall Hotel Sakura, Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Baju Basiba yang dikenakan Dokter Dian, diperindah dengan bordiran yang menyerupai bagian dari tiga jenis tanaman yang diberi nama "Kaluak Paku".

Motif "Kaluak Paku" ini bermakna "anak di pangku jo pancarian, kamanakan dibimbiang jo harato pusako, urang kampuang dipatenggangkan supayo nagari jan binaso", dengan ikut berpartispasi aktif dalam kegiatan sosial bermasyarakat.

Agar terlihat lebih elegan sekaligus menggambarkan kondisi Kota Padang Panjang, baju yang dikenakan ketua TP-PKK ini dipadukan dengan "Kodek" yang memiliki beberapa motif.

Di antaranya, motif pinggiran dengan motif hujan yang menceritakan Padang Panjang sebagai kota hujan. "Kapalo Kodek" dengan motif "Pucuak Rabuang" yang mencerminkan "Padusi Minang" merupakan perempuan yang berguna sepanjang masa dengan sebutan "ketek paguno, gadang tapakai".

Lalu, motif "Saik Kalamai" yang menceritakan perempuan Minangkabau harus memiliki perhatian dan tanggung jawab yang penuh disetiap pekerjaan dan persoalan yang dihadapinya.

Dokter Dian mengatakan, untuk bagian baju dirancang oleh perajin Rumah Songket "Gucci" Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Panjang Barat dengan bahan baku Satin Silk Rosella. Sedangkan untuk Kodek dirancang oleh pengrajin "Batik Rang Minang" Senja Kenangan, Kota Padang Panjang.

(dga/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update