KPU: Jumlah Pemilih Turun
×

Adsense

Adsense Mobile

KPU: Jumlah Pemilih Turun

Selasa, 12 Juli 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-07-12T17:58:09Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Rekapitulasi pemuktakhiran data pemilih
Rekapitulasi pemuktakhiran data pemilih. (f/pkb)

JAKARTA, Mjnews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini telah melakukan Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Semester I Tahun 2022 Tingkat Nasional.

Adapun Hasilnya , terdapat total ada 190.022.169 calon pemilih data bulan berjalan (DPB). Dengan begitu mereka memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang. 

"Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan jumlah DPB sebelumnya sebanyak 190.659.348. Sementara jumlah pemilih pemula tercatat sebanyak 428.799 orang," jelas ketua KPU Pusat Hasyim Asy'ari dalam acara Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022 Tingkat Nasional di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (12/07/2022).

Ia juga menyebut jika kegiatan Pemutakhiran PDPB ini  Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021.Dan dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional. 

"Penyampaian rekapitulasi PDPB tingkat KPU Kabupaten/Kota dilakukan setiap 3 bulan sekali dan untuk tingkat KPU Provinsi  sama dengan KPU Pusat dilaksanakan 6 bulan sekali, hal itu berdasarkan penyampaian rekapitulasi KPU Provinsi seluruh Indonesia," jelas Asy"ari. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid yang ikut hadir dalam penyampaian rekapitulasi PDPB itu mengatakan, setelah melihat hasil  rekapitulasi data pemili tersebut pihaknya akan  langsung menggenjot persiapan Pemilu 2024 agar target 100 kursi DPR RI bisa tercapai. 

”Alhamdulillah, data calon pemilih sudah terekap, ada penurunan jumlah pemilih dan ada penambahan jumlah TPS. Hal yang patut kita lihat di Pemilu 2024 nanti ada kurang lebih setengah juta pemilih pemula yang masuk. Kami dari PKB mengajak semua struktur PKB untuk menggerakkan mesik politik, semua struktur PKB untuk mempersiapkan diri,” ujar politisi yang akrab di sapa Gus Jazil itu kepada Wartawan seusai acara.

Gus Jazil juga meminta kepada semua struktur PKB di kabupaten/kota dan provinsi untuk melihat data di masing-masing daerah dan segera melakukan kerja-kerja pemenangan untuk merebut hati masyakarat para calon pemilih.

”Dengan persiapan yang matang, kami berharap target 100 kursi DPR RI bisa terealisasi,” katanya. 

Terkait pilih pemula, Gus Jazil menerangkan jika PKB akan  memberikan perhatian khusus kepada para calon pemilih pemula.Karena menurutnya sejauh ini PKB sangat concern terhadap anak muda. Bahkan, kepengurusan partai baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota banyak diisi oleh anak-anak muda

”Pemilih pemula yang kami tahu mereka akrab dengan dunia digital, media sosial maka kami pun konsentrasi merebut hati anak-anak muda dengan cara mereka. Saya mengajak anak-anak muda untuk bergabung dengan PKB. Kita juga dekati mereka lewat berbagai hobi anak-anak muda sehingga mereka punya kesan yang baik sehingga mau bergabung dengan PKB,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, terlihat beberapa pengurus  partai yang ikut sebagai peserta pesta demokrasi Tahun 2024. diantaranya, Partai PKB, PDI perjuangan, Gerindra, Demokrat, PAN dan lainnya.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update