Pasbar Juara 1 Lomba Makanan Tradisional di Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif BKOW Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Pasbar Juara 1 Lomba Makanan Tradisional di Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif BKOW Sumbar

Sabtu, 16 Juli 2022 | 07.00 WIB Last Updated 2022-07-16T00:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pasbar Juara 1 Lomba Makanan Tradisional
Pasbar Juara 1 Lomba Makanan Tradisional di Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif BKOW Sumbar. (f/kominfo)

Bukittinggi, Mjnews.id - Pasaman Barat meraih juara I Lomba Makanan Tradisional pada Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Barat di Istana Bukittinggi, Jumat (15/7/2022).

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pasaman Barat Ny. Fitri Risnawanto mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh produk UMKM Pasaman Barat yang telah mengharumkan nama Kabupaten Pasaman Barat. 

"Ini merupakan prestasi yang dapat mengangkat nama Pasaman Barat dibidang kuliner. Ini artinya produk UMKM yang ada di Pasaman Barat masih diperhitungkan di Sumateta Barat," ucap Ny. Fitri Risnawanto saat menghadiri Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif tersebut.

Ia menegaskan, walau tidak semua kategori dimenangkan oleh Pasbar dalam lomba tersebut, namun tetap menjadi prestasi yang luar biasa karena Pasbar mampu bersaing dengan 80 UMKM yang ada di Sumatera Barat pada pameran dan lomba.

Dalam pameran dan lomba, Pasaman Barat menampilkan dua produk khas dari Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, yakni gantungan kunci dari cangkang sawit dan rajutan, serta produk makanan Ulu Podeh Khas Air Bangis. 

"Adapun produk yang kita pamerkan pada lomba ini merupakan salah satu khas dari Air Bangis yaitu kerajinan tangan yang berbahan cangkang sawit yang diolah menjadi gantungan kunci kemudian rajutan serta produk makanan yaitu Ulu Podeh yang berbahan dasar tepung ketan, gula merah, merica hitam dan lainnya. Alhamdulillah produk makanan tradisional ini mendapatkan peringkat pertama," tutur Ketua GOW Pasbar Ny. Fitri Risnawanto.

Ia mengungkapkan untuk kedepannya akan dilakukan pembinaan dan akan dikembangkan kembali UMKM yang ada di Pasaman Barat sehingga pelaku UMKM lebih kreatif, inovatif dalam mengembangkan produk-produk yang berdaya saing di pasaran. 

Di kesempatan yang sama Ketua Pelaksana Pengembangan UMKM Bunda Refan/ Elizabeth Wati menyampaikan selamat atas prestasi Pasaman Barat yang mendapatkan Juara I kategori lomba makanan tradisional, yang sangat khas dan tidak dimiliki oleh daerah lain.

Ia menghimbau UMKM Pasaman Barat untuk terus mengembangkan produk-produk yang menjadi khas di Pasaman Barat, karena keunikannya menjadi salah satu daya tarik orang lain untuk melihat dan menikmati produk tersebut.

Di akhir sambutannya ia menyampaikan bahwa, peserta UMKM yang berpartisipasi dalam lomba tersebut akan dibuat grup UMKM, untuk dibina dan dikembangkan kedepannya. Sesuai dengan tujuan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joynaldi untuk menciptakan 100.000 lebih enterpreneur sukses diusia muda. 

Dewan Juri Dr. Rita Elinda, SE, MM juga menambahkan, produk yang diikut sertakan Pasaman Barat pada Pameran dan Lomba Ekonomi Kreatif "Ulu Podeh" merupakan produk unggul turun temurun, khas dari Nagari Air Bangis yang patut di lestarikan, karena makanan tradisional yang mungkin tidak ditemukan di daerah lainnya yang ada di Sumatera Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 15-16 Juli 2022. Pameran dan Lomba Ekonomi Inovatif, Kreatif dan Produktif dalam rangka pemberdayaan UMKM ini, dibuka langsung oleh Anggota DPD RI, Emma Yohanna.

(dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update