Pengamat Politik Anggap Pernyataan Bahlil Wacana Duet Puan - Anies Tebak-tebakan
×

Adsense

Adsense Mobile

Pengamat Politik Anggap Pernyataan Bahlil Wacana Duet Puan - Anies Tebak-tebakan

Kamis, 14 Juli 2022 | 01.00 WIB Last Updated 2022-07-13T20:25:56Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Ujang Komaruddin
Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin. (f/ist)

JAKARTA, Mjnews.id - Pernyataan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut wacana duet pasangan Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Dki Jakarta Anies Baswedan sangat bagus bisa membuat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin mengatakan pernyataan Bahlil duet Puan dan Anies akan mampu memenangi putaran pertama penyataan terlalu dini dan itu belum tentu benar. 

Karena satu putaran itu tergantung dari jumlah pasangannya dan kalau ada tiga atau empat Paslon tentu akan sulit untuk memenangkan satu putaran.

"Walaupun ada dua pasangan calon pun belum tentu menang juga, kan kita harus lihat ekstabilitas kedua pasangan itu seberapa besar dan disamping itu juga harus melihat ekstabilitas lawan politiknya," ujar Ujang melalui Voice note kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Ia menganggap apa yang disampaikan Bahlil itu adalah tebak tebakan dan masih sumir jauh dari kata menang satu putaran. Oleh karena itu, dia kembali tegaskan hal itu sulit untuk menang.

"Itu hanya pernyataan Pribadi saja dan belum dapat dipastikan," kata Ujang.

Namun demikian, menurut Ujang, duet Puan dan Anies mungkin saja bisa terjadi karena hal itu tentunya dapat menarik dukungan dari kalangan nasionalis dan islami sehingga mereka berdua dapat memadukan kalangan tersebut.

"Soal potensinya seperti apa, kita lihat saja ekstabilitas keduanya dan juga melihat siapa lawan politiknya, partai mana yang berkuasa? Karena hal itu penting untuk mengukur potensi pasangan Puan Anies," tandasnya.

Sebelumnya, menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat hadir dalam acara Rilis Survei Politik Indonesia Senin (11/7/2022) menjawab pertanyaan dari Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi soal wacana duet ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubenur Anies Baswedan sebagai Pasangan Calon Presiden 2024.

"Jika pasangan itu bagus dan.bisa satu putaran," jawabnya saat itu.

(sr/ex)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update