Sekdakab Pasbar Panen Anggur di Kebun Anggur Mini Naisya Farm
×

Adsense

Adsense Mobile

Sekdakab Pasbar Panen Anggur di Kebun Anggur Mini Naisya Farm

Rabu, 27 Juli 2022 | 11.00 WIB Last Updated 2022-07-27T04:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Hendra Putra panen anggur di Kebun Anggur Mini Naisya Farm
Sekdakab Pasbar, Hendra Putra panen anggur di Kebun Anggur Mini Naisya Farm. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pasaman Barat (Pasbar), Hendra Putra didampingi Kadis DPMN Randy Hendrawan, Kabag Pemnag Syaikhul Putra, Camat Talamau, Andre Afandi dan stakeholder terkait lainnya melakukan panen anggur di Kebun Anggur Mini Naisya Farm, Perumahan Pasaman Indah, Kecamatan Pasaman, Selasa (26/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut Sekda mengajak Masyarakat untuk menanam serta membudidayakan anggur dengan memanfaatkan pekarangan rumah, karena buah anggur dinilai selain memiliki buah yang berlimpah, manis dan segar, anggur juga tergolong buah yang memiliki nilai jual tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

"Menanam anggur sebetulnya tidak sulit, hanya perlu merawat dengan benar melalui pengendalian hama, pemberian pupuk, dan memastikan untuk tidak menyiram tanaman secara berlebihan. Berkebun anggur bahkan bisa memanfaat pekarangan rumah seperti yang dilakukan Komunitas Anggur Pasaman Barat (KaPasbar) salah satunya ibu Rika dan suami ini," jelas Sekda Hendra Putra.

Sekda Hendra Putra mengatakan, masyarakat Pasaman Barat (Pasbar) belum terbiasa dengan tanaman anggur. Tanaman merambat yang menghasilkan buah yang berlimpah, manis dan segar. Buah anggur juga tergolong buah yang memiliki nilai jual tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

"Budidaya anggur sangatlah potensial untuk mengambil peluang pasar di Pasbar. Budidaya yang berawal dari hobi, melihat peluang, dan bukan tidak mungkin bisa mendatangkan hasil nilai ekonomi yang cukup besar. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memulai budidaya tanaman anggur," ucap Hendra Putra.

Sementara Rika (32), pemilik perkebunan Aggur Mini Naisya Farm menjelaskan kebun anggur miliknya sudah berusia 2 tahun. Bibit anggur pertama ia beli dari Cilacap secara online. Bukan hanya anggur, ia juga menanam strawberi dan melon di pekarangan rumahnya itu. 

"Selain anggur, saya juga menanam melon namun sudah kita panen. Melon ada dua macam yang kita tanam yaitu jenis golden dan susu manis. Strawberi ada 30 macam, tapi ada yang sudah mati dan kita bibit kembali. Selain itu ada juga blewah yang kita tanam 2 bulan menjelang bulan puasa," jelasnya.

Ia menambahkan, Kebun Anggur Mini Naisya Farm menjual bibit unggul import dan strawberi. Ia bersama KaPasbar siap memberikan bimbingan, konsultasi, pelatihan dan budidaya anggur.

(dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update