Tanpa Rekomendasi Satgas Covid-19, Pasar Malam dan Lampung Kuliner Festival Tetap Dilaksanakan
×

Adsense

Adsense Mobile

Tanpa Rekomendasi Satgas Covid-19, Pasar Malam dan Lampung Kuliner Festival Tetap Dilaksanakan

Senin, 18 Juli 2022 | 20.24 WIB Last Updated 2022-07-18T13:24:45Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Lampung Utara, Mjnews.id - Melonjaknya Kasus Covid-19 di indonesia membuat Pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang Protokol kesehatan, melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Menerbitkan Surat edaran, Nomor 20 Tahun 2022, tentang Protokol Kesehatan pada pelaksanaan kegiatan berskala besar dalam masa Pandemi Virus Disearse 19, per tanggal 21 Juni 2022.

Namun hal itu diduga tidak ditaati oleh Pihak Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), yang tetap menyelenggarakan pasar malam dan Lampung Kuliner Festival meski belum memiliki izin dari satgas covid-19 setempat. Belum memiliki surat Rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat itupun diakui oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Ahmad Yani.

Ahmad Yani menjelaskan, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten belum memberikan Rekomendasi karena pada saat itu belum ada lonjakan kasus, dan surat edaran satgas covid tentang Protokol kesehatan belum ditandatangani Kepala daerah. Namun, lanjut Ahmad Yani, BPBD Kabupaten telah mengizinkan.

"Memang belum ada surat Rekomendasi dari Tim Satgas Covid-19, dan kita sudah bertemu dengan mereka dan berkoordinasi terkait itu, dan surat edaran juga belum ditandatangani Bupati, dan intinya BPDD mengizinkan," jelas Ahmad Yani usai pembukaan Lampung Kuliner Festival, Kamis (14/7/2022).

Diketahui, Pasar Malam yang juga bagian dari kegiatan Lampung Kuliner Festival, telah beroperasi pada tanggal 10 Juli 2022 sebelum kegiatan Lampung Kuliner Festival dilaksanakan.
 
Keterangan yang didapat dari Koordinator Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Utara, Yusrizar, yang menjelaskan jika pasar malam yang berlokasi di Kotabumi Utara belum memiliki izin dari satgas covid-19 Kabupaten setempat.

“Kami belum memberikan izin kepada kegiatan pasar malam itu, mengacu pada edaran satgas nasional, mereka lapor tapi belum dibuatkan rekom, ada juga rekom dari kecamatan itu juga salah,” terangnya.
 
Sementara itu, kang Ori selaku pengurus rombongan pasar malam mengatakan pihaknya datang ke Kotabumi berdasarkan undangan dari pihak Kecamatan Kotabumi Utara, melalui Ahmad Yani.
 
“Kami hanya diundang di sini, untuk masalah izinnya kami kurang paham, kami juga mendapat amanah dari bapak Ahmad Yani, segala sesuatu terkait kegiatan pasar malam penanggung jawabnya beliau,” jelasnya.

(Mpi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update