Warga Perumahan Abi Singgalang Batas Kota Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H

Shalat Idul Adha 1443 H
Warga Perumahan Abi Singgalang Batas Kota Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H. (f/edi)
PADANG PARIAMAN, Mjnews.id – Warga perumahan Abi Singgalang Batas Kota Sei Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mengadakan shalat Idul Adha 1443 H di Mushalla Al Amin, Sabtu 9 Juli 2022.
Khatib Ustaz Junaidi, Lc menerangkan bahwa Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.
Idul Adha juga dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.
Idul Adha mengingatkan kita kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu ketika mendapat perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail.
Walau niat Nabi Ibrahim dapat godaan dari syetan, namun tidak menggoyahkan niatnya. Ia mengambil batu lalu mengucapkan, “Bismillahi Allahu akbar.” Batu itu dilempar. Akhirnya seluruh jamaah haji sekarang mengikuti apa yang dulu dilakukan oleh Nabi Ibrahim ini di dalam mengusir setan dengan melempar batu sambil mengatakan, “Bismillahi Allahu akbar”. Dan hal ini kemudian menjadi salah satu rangkaian ibadah haji yakni melempar jumrah.
“Semoga dengan Idul Adha ini, kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah kepadaNya dan menjauhi laranganNya,” ujar Ustaz Junaidi.
Sebelum pelaksanaan shalat yang dimoderatori Bahri Anwar tersebut, Pengurus Mushalla Al Amin diwakili Riki Irawan dan Pengurus Perumahan Abi Singgalang Batas Kota, Jalinur memberikan sambutan.
(eds)