Buka Festival UMKM Bandar Lampung, Puan: UMKM Indonesia Harus Go Digital
×

Adsense

Adsense Mobile

Buka Festival UMKM Bandar Lampung, Puan: UMKM Indonesia Harus Go Digital

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-08-25T13:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

JAKARTA, Mjnews.id - Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membuka Festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bandar Lampung. Ia pun mendorong agar pelaku UMKM untuk berkembang maju mengikuti kemajuan zaman.

Festival UMKM yang diselenggarakan oleh jajaran PDIP Lampung dan Kota Bandar Lampung digelar di Gedung Sumpah Pemuda, PKOR Lampung, Kamis (25/8/2022).

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Buktinya UMKM menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia dan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,97 persen,” kata Puan.
 
“Artinya ketika UMKM kita masif bergerak maju maka maju pula ekonomi Indonesia, dan sebaliknya ketika UMKM kita bergerak mundur maka mundur pula ekonomi Indonesia,” imbuh perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan pun mengingatkan kader PDIP untuk terus memperjuangkan tanggung jawab ideologis partai dalam memajukan ekonomi Indonesia. 
 
“Karena Bung Karno sudah mengatakan bahwa ekonomi Indonesia harus berdikari atau berdiri di kaki sendiri. UMKM adalah salah satu kunci utama jika kita ingin mewujudkan ekonomi Indonesia yang berdikari,” ucap Puan.

Oleh karena itu, Festival UMKM ini dinilai penting karena merupakan bagian dari perjuangan nyata PDIP untuk membangkitkan sektor UMKM. Puan mengatakan, hal tersebut demi mewujudkan Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi.
 
“Saya ingin mengingatkan bahwa festival ini jangan hanya jadi ajang pertunjukan atau keren-kerenan,” pesannya.

Puan menambahkan, festival ini harus dilanjutkan dengan pembinaan UMKM oleh PDIP yang dilakukan secara berkelanjutan dan rapi sehingga peserta UMKM yang menjadi peserta acara bisa naik kelas. Ia juga meminta agar PDIP menjadi pelopor modernisasi UMKM, khususnya di era digital saat ini.

“UMKM Indonesia sudah harus go-digital, terdaftar di marketplace, mudah dicari di internet atau marketplace, mudah melakukan transaksi online. Secara packaging bagus, secara branding bagus, pelayanannya bagus,” tutur Puan.
 
“Selain itu PDI Perjuangan sebagai Partai yang memperjuangkan aspirasi rakyat harus bisa peka dengan persoalan UMKM,” sambung cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut.

Puan mengungkap, PDIP harus dapat membantu persoalan yang kerap dihadapi pelaku UMKM. Mulai dari masalah modal, urusan kualitas dan pengemasan, hingga penjualan.

“Sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan saya menginstruksikan agar PDI Perjuang Kota Bandar Lampung dan PDI Perjuangan di Provinsi Lampung, dengan segenap daya bergotongroyong untuk memajukan UMKM guna mewujudkan ekonomi Indonesia yang berdikari,” tegas Puan.

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

×
Berita Terbaru Update