DPD RI Gelar Sidang Paripurna Pembukaan Usai Sidang Bersama DPR-DPD RI 2022
×

Adsense

Adsense Mobile

DPD RI Gelar Sidang Paripurna Pembukaan Usai Sidang Bersama DPR-DPD RI 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 22.00 WIB Last Updated 2022-08-16T15:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Jakarta, Mjnews.id - DPD RI langsung gelar Sidang Paripurna ke-1 Masa Sidang I Tahun Sidang 2022-2023 usai pelaksanaan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI Tahun 2022 serta mendengarkan Pidato Presiden RI Dalam Rangka HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memimpin langsung sidang paripurna pembukaan yang  mengagendakan Pembukaan Tahun Sidang 2022- 2023 Masa Sidang I Tahun Sidang 2022-2023, Pidato Pembukaan Pada Awal Masa Sidang I DPD RI Tahun Sidang 2022- 2023, dan Penyerahan Laporan Dukungan Pelaksanaan Tugas dalam bentuk Kompilasi Pelaksanaan Tugas Kelembagaan DPD RI Tahun Sidang 2021-2022.

"Mengawali Tahun Sidang 2022-2023 kami mengharapkan seluruh alat kelengkapan dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai kewenangan konstitusionalnya," tukas LaNyalla saat memimpin sidang tersebut didampingi Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan B Najamudin, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Pada Masa Sidang 2022-2023, Alat Kelengkapan Komite I akan memperhatikan isu-isu terkait pemerintahan daerah khususnya efektifitas penyelenggaran pemerintahan daerah oleh penjabat kepala daerah menjelang pemilu dan pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Sedangkan Komite II perlu concern terhadap persoalan ketahanan pangan dan ketahanan energi.

Selanjutnya Komite III perlu menyoroti pelaksanaan Undang-Undang tentang Cagar Budaya dan Undang-Undang tentang Kesehatan Jiwa, di samping pelaksanaan tugas rutin untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah serta  pelindungan pekerja migran Indonesia. 

“Selain itu, Komite IV fokus untuk memberikan penguatan bagi kemandirian fiskal daerah melalui fungsi pertimbangan yang diberikan terhadap RUU APBN dan RUU Pertanggungjawaban pelaksanaan APBN,” jelasnya.

Pada Sidang paripurna ini, Pimpinan dan Anggota DPD RI mengapresiasi Sekretariat Jenderal DPD RI sebagai supporting system telah melaksanakan dukungan dengan baik dan akuntabel. Hal ini dibuktikan dengan mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 16 (enam belas) kali secara berturut-turut.    

“Kepada Sekretariat Jenderal, kami atas nama seluruh anggota menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan, kerja keras dan dedikasinya dalam memberikan dukungan kepada lembaga dengan penuh tanggung jawab,” lanjut senator Jawa Timur tersebut.

Menutup Sidang Paripurna, Pimpinan Sidang mengingatkan bahwa pada tanggal 19 Agustus 2022, akan melaksanakan pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI Tahun Sidang 2022-2023 sebagaimana diatur dalam Peraturan DPD RI Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Tertib.

“Pimpinan menghimbau agar lebih efektifnya proses pemilihan pimpinan alat kelengkapan, akan didahului dengan rapat sub-wilayah pada hari yang sama untuk menentukan Calon Pimpinan dari masing-masing sub-wilayah,” pungkasnya.

(dpd/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update