Fasilitasi Penghijauan Desa, IKAM Lampura Kembali Tebar Bibit Pohon di HUT RI
×

Adsense

Adsense Mobile

Fasilitasi Penghijauan Desa, IKAM Lampura Kembali Tebar Bibit Pohon di HUT RI

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18.43 WIB Last Updated 2022-08-17T11:43:57Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

IKAM Lampura Kembali Tebar Bibit Pohon di HUT RI
IKAM Lampura Kembali Tebar Bibit Pohon di HUT RI. (f/ist)

Lampung Utara, Mjnews.id - Ikatan Keluarga Mahasiswa Lampung Utara (IKAM LAMPURA) kembali Sukses menebar bibit pohon, kali ini jumlahnya lebih Fantastis yakni 3000 bibit Pohon secara serentak di desa Bangun Jaya dan Sukoharjo, Kabupaten Lampung Utara, Rabu 17 Agustus 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu program  pengabdian masyarakat oleh IKAM Lampura dimana kegiatan ini sebagai upaya bentuk penghijauan. Penanaman pohon ini merupakan aktualisasi dari satu diantara program kerja IKAM Lampura.

Adapun hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut adalah adanya beberapa lokasi desa yang gersang dan perlu adanya tanaman sehigga menimbulkan suasana yang asri dan indah, oleh karena itu IKAM Lampura memfasilitasi Desa dengan membagikan bibit pohon dan mengajak karang taruna desa Bangun Jaya dan Sukoharjo untuk melakukan penanaman serentak.

"Kemarin kami bersama desa Pengaringan melakukan penanaman 1000 pohon. Sekarang kami tingkatkan sehingga pengabdian yang dilakukan IKAM Lampura benar-benar berdampak pada daerah Lampung Utara. Adapun bibit yang dibagikan antara lain jambu biji, sengon, saga, pinang, dan ketapang kencana dengan jumalah 3000 batang," tutur Ismail Kabid Sosmas IKAM Lampura.

"Ini salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa Lampung Utara sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, apalagi kegiatannya berbarengan dengan HUT RI yang baru saja kami laksanakan, sembari menanam pohon kami juga melaksanalan jalan sehat dan lomba lomba menarik untuk anak-anak. Justru trobosan seperti ini yang kami tunggu untuk membangun desa, kalo kata pepatah sekarang membangun desa, besok membangun bangsa," terang Suhanto Sekertaris Desa Bangun Jaya.

"Alhamdulillah dengan adanya bibit pohon ini teman-teman karang taruna ikut berpartisipasi dan berkegiatan, yang semulanya memang pandemi dan tidak ada kegiatan kini dengan adanya suport dari teman-teman IKAM Lampura kegiatan karang taruna kembali aktif. Saya dengan teman-teman melakukan penanaman pohon di lahan yang kosong atau di sekitar rumah-rumah milik warga yang bertujuan untuk membuat rindang dan memperindah halaman kami," ucap Danil Ketua Karang Taruna Desa Bangun Jaya.

Solusi ini sangat penting untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar mereka. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian bertajuk praktik secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Edukasi berbasis teori menekankan kepada dua materi, yaitu materi pentingnya penghijauan. Sementara, edukasi berbasis praktik, yakni melakukan penanaman pohon sebanyak 3000  bibit pohon yang kami lakukan di desa Bangun Jaya dan Sukoharjo. Hasil dari penerapan edukasi tersebut merujuk pada kepedulian masyarakat pada lingkungan yang semakin tinggi, hal tersebut ditandai dengan antusiasnya masyarakat kedua desa tersebut.

Sumber: Andi Setiawan - Ketua Umum Ikam Lampura

(mpi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update