Hari Ketigabelas, Dua Parpol Hadir Mendaftar ke KPU
×

Adsense

Adsense Mobile

Hari Ketigabelas, Dua Parpol Hadir Mendaftar ke KPU

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18.00 WIB Last Updated 2022-08-13T12:12:41Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dua Parpol Hadir Mendaftar ke KPU
Dua Parpol Hadir Mendaftar ke KPU. (f/streaming kpu)

Jakarta, Mjnews.id - Tahapan Pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu 2024 telah memasuki hari ketigabelas pada Sabtu 13 Agustus 2022

Di hari ketigabelas ini proses pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 berjalan lancar.

Pada hari ini hadir mendaftar sebanyak dua (2) parpol yakni, Partai Pelita dan Partai Kongres Partai Pelita yang hadir pada kesempatan pertama memandang ada perubahan yang cukup signifikan dari pengelolaan pemilu 2024 ini. 

Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) memberi kemudahan dalam melakukan proses input data dan membantu Partai Pelita untuk mengikuti tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan KPU. 

Partai Kongres yang hadir pada kesempatan kedua menyampaikan apresiasi atas sambutan KPU. Terkait penyambutan, Partai Kongres menilai ada perubahan besar yang sangat nyata berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. 

Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno menyambut Ketua Umum dan Sekjen bersama delegasi parpol yang hadir. 

Kemudian delegasi parpol diantar menuju Ruang Rapat Utama di lantai 2 Gedung KPU untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, surat pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya.

Di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU, Ketua KPU Hasyim Asy’ari didampingi Anggota KPU Idham Holik, Mochammad Afifuddin, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, dan Yulianto Sudrajat bersama Tim Teknis Pendaftaran parpol KPU telah menunggu delegasi parpol dan siap untuk menerima dokumen pendaftaran parpol tersebut.

Sebelum menyerahkan dokumen parpol, KPU memutarkan mars masing-masing parpol untuk dinyanyikan oleh delegasi yang hadir di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU. 

Sebagai informasi, kegiatan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 ini dapat disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube KPU RI.

Dalam sambutannya, Hasyim mengatakan bahwa pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 dilaksanakan tanggal 1 sampai 14 Agustus 2022 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Dalam tahapan pendaftaran parpol kategori yang gunakan untuk memeriksa hanya satu, yakni lengkap atau tidak dokumen persyaratan yang diajukan.

“Bagi yang sudah lengkap, KPU akan menerbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen persyaratan sudah lengkap dan parpol bersangkutan dinyatakan didaftar. Jika hari ini belum lengkap, KPU akan menginformasikan agar segera dipenuhi. Masih ada kesempatan sampai tanggal 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB untuk melengkapi dokumen persyaratan dimaksud,” kata Hasyim.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi KPU RI terhadap Partai Pelita, pukul 10.54 WIB dan Partai Kongres, pukul 13. 14 WIB, KPU zenyatakan dokumen belum lengkap dan dikembalikan. 

KPU menunggu kelengkapan berkas dokumen hingga hari Minggu, 14 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update