Kepengurusan KAN Lubuk Kilangan Dikukuhkan

Kepengurusan KAN Lubuk Kilangan Dikukuhkan
Wali Kota Padang, Hendri Septa hadiri pengukuhan kepengurusan KAN Lubuk Kilangan. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik atas digelarnya pengukuhan kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kecamatan Lubuk Kilangan untuk periode masa bakti 2022-2027. 

Prosesi pengukuhan kepengurusan salah satu KAN di Kota Padang itu pun dilakukan oleh Ketua Forum Komunikasi Kerapatan Adat (FKKA) 9 Nagari, Syofyan Datuk Bijo di GSG PT Semen Padang, Rabu (24/8/2022).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, saya menyambut baik pengukuhan kepengurusan KAN Kecamatan Lubuk Kilangan periode 2022-2027 ini. Kita tentu berharap, pengurus yang baru dilantik dengan diketuai bapak Basri Datuk Rajo Usalli tersebut dapat amanah serta menjalankan tugas dan wewenangnya secara baik,” imbuh Wali Kota dalam sambutan dan arahannya.

Selanjutnya Wako juga memaparkan, KAN sejatinya memiliki peran yang sangat penting di tengah masyarakat. Pasalnya, lembaga adat di Minangkabau itu memiliki tugas dan wewenang khususnya dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya lokal di dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga  BDK Padang Adakan Pelatihan Di Wilayah Kerja di MAN 3 Padang Panjang

“Di dalam suatu kenagarian keputusan-keputusan KAN termasuk dijadikan pedoman sepanjang tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Karena selain mengurus adat dan melestarikannya, KAN juga merupakan lembaga peradilan adat dalam suatu kenagarian yang berfungsi menyelesaikan masalah sengketa seperti sako, pusako, pelanggaran adat dan pelanggaran syarak,” paparnya.

Orang nomor satu di Kota Padang itu juga berharap pengurus KAN Lubuk Kilangan yang beranggotakan ninik mamak, pemangku adat dan bundo kanduang tersebut mampu melahirkan program dan kegiatan yang baik bagi masyarakat khususnya generasi muda.

“Kita tahu saat ini anak kemenakan kita (generasi muda) selalu diterpa tantangan yang luar biasa dari segala penjuru. Salah satunya bahaya penyalahgunaan narkoba, gangguan gadget dan kenakalan remaja lainnya,” katanya.

Baca Juga  Nilai SAKIP dan RB Padang Panjang Alami Kenaikan

“Untuk itu, mari kita sikapi dan atasi persoalan ini secara baik dan tepat. Apa saja langkah-langkah yang mesti kita lakukan mari siapkan sekarang. Insya Allah kita Pemko Padang siap bersinergi,” ujar Wali Kota milenial tersebut kepada seluruh pengurus KAN Lubuk Kilangan saat itu.

(prokopim)