Ketua LKKS Kepri Ajak Masyarakat Terapkan PHBS
×

Adsense

Adsense Mobile

Ketua LKKS Kepri Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

Rabu, 31 Agustus 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-08-31T07:59:28Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Ketua LKKS Kepri Ajak Masyarakat Terapkan PHBS
Ketua LKKS Kepri, Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut di Desa Kelumu, Kabupaten Lingga. (f/biro adpim)

KEPRI, Mjnews.id - Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut di Desa Kelumu, Kabupaten Lingga, Selasa (30/8/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 75 warga Desa Kelumu dan menghadirkan perwakilan dari Dinas Kesehatan Lingga sebagai narasumber.

Salah satu materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut adalah Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat diterapkan di lingkungan rumah tangga, sekolah, tempat kerja, maupun kehidupan sehari-hari masyarakat. Secara umum, gerakan PHBS meliputi berbagai langkah untuk membiasakan diri dalam menjalani perilaku hidup sehat.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar yang juga KetuaTP-PKK Kepri mengajak kepada warga Desa Kelumu agar dapat menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut Dewi, PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. 

"PHBS mencakup beberapa hal yang harus kita lakukan yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan toilet/jamban untuk buang air besar maupun kecil dan menjaga kebersihannya, menggunakan air bersih, mengkonsumsi makanan sehat dan bersih, termasuk sayur dan buah-buahan" jelasnya

Lebihi lanjut Dewi Ansar juga menekankan bahwa PHBS juga sangat berpengaruh pada gizi keluarga terutama pada anak. Pemenuhan gizi pada anak menurut Dewi, dapat melalui nutrisi atau makanan yang sehat dan bersih juga merupakan hal yang sangat penting diperhatikan agar anak terhindar dari stunting atau kurang gizi.

Dewi Ansar kemudian menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh peserta yang telah mendukung dan berpartisipasi pada acara Pemberdayaan Suku Laut Desa Kelumu ini.

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pemberdayaan adalah proses mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna mewujudkan situasi dan kondisi yang lebih baik," kata Dewi Ansar.

Lanjut, Dewi Ansar mengatakan meskipun pemberdayaan memiliki manfaat dan tujuan yang sangat baik, namun akan dapat terlaksanakan apabila masyarakat turut medukung dan berpartisipasi dengan baik.

"Untuk itu kepada peserta Pemberdayaan yaitu masyarakat Suku Laut Desa Kelumu pada hari ini saya harapkan dapat mengikuti kegiatan Pemberdayaan ini dengan sebaik-baiknya, yang mana tujuan dari Pemberdayaan yang dilakukan ini tentunya untuk membawa kita ke situasi dan kondisi yang lebih baik," harapnya.

(ky/isb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update