LaNyalla: Kades Harus Lebih Serius Kembangkan BUMDes agar Ekonomi Masyarakat Meningkat
×

Adsense

Adsense Mobile

LaNyalla: Kades Harus Lebih Serius Kembangkan BUMDes agar Ekonomi Masyarakat Meningkat

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20.00 WIB Last Updated 2022-08-23T13:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

LaNyalla
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (f/dpd)

MEDAN, Mjnews.id - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai pengembangan BUMDes belum maksimal untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat desa.

Oleh sebab itu, LaNyalla meminta aparatur desa lebih serius menjalankan BUMDes. Karena, BUMDes menjadi harapan untuk meningkatkan ekonomi pedesaan dan menggeliatkan berbagai sektor seperti pertanian, peternakan, wisata desa, usaha ultra mikro dan usaha lainnya.

"Kunci pengembangan BUMDes memang ditangan Kepala Desa. Mereka memang dituntut untuk lebih inovatif dalam mengembangkan setiap jenis usaha yang ada di desa sebab merekalah yang tahu potensi dan keunggulan desanya," tutur LaNyalla, Selasa (23/8/2022).

LaNyalla yakin dengan terobosan-terobosan baru dalam pengembangan perekonomian desa, perusahaan besar di wilayah sekitar bersedia berkolaborasi dengan BUMDes untuk mengembangkan sektor-sektor yang potensial.

"Jadi jangan terpaku pada aliran dana desa dan bantuan-bantuan lainnya. Harus lebih banyak berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti swasta yang mempunyai program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR)," ungkap dia.

Dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, lanjut LaNyalla, akan dapat mewujudkan struktur perekonomian nasional yang kokoh, berkembang, dan berkeadilan.

"Pembangunan desa merupakan pertaruhan pembangunan Indonesia di masa depan. Jika desa kuat pasti Indonesia semakin mudah maju," tuturnya.

(dpd/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update