Mendagri: Keamanan di Rote Ndao Harus Terus Dirawat
×

Adsense

Adsense Mobile

Mendagri: Keamanan di Rote Ndao Harus Terus Dirawat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12.30 WIB Last Updated 2022-08-18T07:55:59Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Muhammad Tito Karnavian di Rote Ndao
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (f/kemendagri)

Rote Ndao, Mjnews.id - Selain sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang berkualitas, keamanan menjadi faktor penting dalam mendukung pembangunan di suatu daerah maupun negara. Karena itu, keamanan yang terjaga di Kabupaten Rote Ndao perlu terus dirawat untuk mendukung pembangunan di daerah tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, SDM dan SDA yang dimiliki suatu daerah maupun negara akan menjadi percuma, jika gangguan keamanan maupun konflik di wilayah tersebut kerap terjadi. Mendagri menyebutkan salah satu negara yang merdeka lebih dulu ketimbang Indonesia dan memiliki SDA yang melimpah, namun laju pembangunannnya menjadi mundur akibat perang.

“Keamanan itu nomor satu, percuma semua kalau punya sumber daya manusia yang bagus, kemudian sumber daya alamnya kaya luar biasa, kalau daerah itu tidak aman, konflik terjadi,” tegas Mendagri dalam sambutannya pada acara Toast Kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Nemberala Beach Resort, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Rabu (17/8/2022) malam.

Karena itu, Mendagri mengimbau agar keamanan yang sudah terbangun di Kabupaten Rote Ndao harus terus dirawat. Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, Kabupaten Rote Ndao merupakan daerah yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Ini ditandai dengan rendahnya tingkat kejahatan, termasuk konflik antara masyarakat yang nyaris tidak ada.

“Kalau (ada) perbedaan biasalah, tapi tidak pernah pecah menjadi suatu perang,” ujarnya.

Selain keamanan, dukungan terhadap pengelolaan SDA maupun SDM juga tetap perlu diperhatikan. Dia menyebutkan, Rote Ndao merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, baik di sektor laut, pertanian, perikanan, dan sebagainya. Berbagai kekayaan alam itu telah membuat Rote Ndao menjadi salah satu daerah yang mandiri secara pangan.

Meski begitu, lanjut Mendagri, masih banyak potensi SDA di Rote Ndao yang belum dimanfaatkan secara optimal. Upaya peningkatan pemanfaatan tersebut dapat dilakukan dengan dukungan SDM yang unggul. Karena itu, Mendagri berpesan agar program pengembangan SDM tersebut menjadi perhatian utama di Kabupaten Rote Ndao, baik dari segi pendidikan maupun kesehatan.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update