Pengacara Keluarga Brigadir J Dilarang Ikuti Proses Rekonstruksi, Pakar: Tidak Ada Aturannya
×

Adsense

Adsense Mobile

Pengacara Keluarga Brigadir J Dilarang Ikuti Proses Rekonstruksi, Pakar: Tidak Ada Aturannya

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17.30 WIB Last Updated 2022-08-30T11:07:57Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Abdul Fickar
Abdul Fickar. (f/ist)

Jakarta, Mjnews.id - Beredar kabar bahwa kuasa hukum keluarga Brigadir J pihak terlapor dilarang menyaksikan proses rekonstruksi kasus pembunuhan di rumah pribadi Ferdy Sambo. 

Menanggapi hal ini, Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar mengatakan, tidak ada aturannya, yang seharusnya kuasa hukum keluarga korban atau pihak terlapor ikut menyaksikan dalam proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J. 

"Tidak ada aturan yang melarang, karena pengacara keluarga korban semestinya dibolehkan ikut menyaksikan, meskipun secara yuridis kehadiran pihak korban diwakili negara ic (in casu) oleh Jaksa Penuntut Umum," kata Abdul Fickar kepada media dalam keterangan tertulisnya pada Selasa 30 Agustus 2022.

Menurut Pakar Hukum Pidana menjelaskan tidak ada larangannya kuasa hukum keluarga korban untuk melihat atau menyaksikan secara langsung proses rekonstruksi kasus pembunuhan di rumah pribadi mantan Kadiv Propam Polri itu. 

"Jadi sebenarnya tidak ada larangan dan seharusnya di bolehkan pengacara korban mengikuti proses rekonstruksi tersebut," jelasnya. 

Abdul Fickar mengatakan kuasa hukum pihak terlapor berhak untuk mendampingi atau melihat proses rekonstruksi kasus pembunuhan tersebut. 

"Kuasa terlapor dibolehkan karena dia melekat dengan terlapor karena kuasa atau penasehat hukum terlapor, sehingga dia berhak mendampingi," pungkas Pakar Hukum Pidana itu. 

Melansir dari prfmnews.id Bareskrim Polri memberikan penjelasan terkait pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak dan Jhonson Panjaitan. 

Dirinya yang mengaku diusir dari lokasi rekonstruksi pembunuhan di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan.

Proses rekonstruksi pembunuhan Brigadir J digelar hari ini, Selasa 30 Agustus 2022.

Kamaruddin sudah datang sejak pukul 08.00 WIB, tapi setelah menunggu, Kamaruddin mengaku tidak dibiarkan masuk oleh pihak tertentu.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi menuturkan, segala proses rekonstruksi pembunuhan Brigadir J hanya wajib dihadiri oleh pihak-pihak seperti penyidik, jaksa penuntut umum (JPU), kelima tersangka hingga kuasa hukumnya.

"Yang wajib hadir dalam proses reka ulang atau rekonstruksi adalah penyidik, JPU, para tersangka dan saksi beserta kuasa hukumnya," ungkap Andi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 30 Agustus 2022.

(*/eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update