Peringati HUT RI, KDEI Taipei Ajak WNI di Taiwan Bersepeda Bersama
×

Adsense

Adsense Mobile

Peringati HUT RI, KDEI Taipei Ajak WNI di Taiwan Bersepeda Bersama

Senin, 29 Agustus 2022 | 20.24 WIB Last Updated 2022-08-29T13:26:16Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Taichung, Mjnews.id - Kementerian Perdagangan melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei sukses menggelar acara bersepeda bersama untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. 

Acara yang bertajuk ‘Indonesia Funride in Taiwan’ ini mengajak warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan untuk bersepeda bersama pada 21 Agustus 2022 di Taichung. 

Kegiatan tersebut digelar KDEI Taipei berkolaborasi dengan komunitas pesepeda Indonesia di Taiwan.

“Merayakan kemerdekaan ke-77 Indonesia harus diisi tidak hanya dengan semangat bekerja, namun juga dengan kegiatan yang positif. Bersepeda tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga membangun kebersamaan dalam acara sepeda wisata,” ujar Kepala KDEI Taipei Budi Santoso pada penyerahan medali secara simbolis kepada peserta Indonesia Funride in Taiwan dalam keterangan persnya, Senin 29 Agustus 2022.

Budi menambahkan, bersepeda bersama memiliki makna tersendiri dalam mempromosikan Indonesia. Sepeda sebagai alat transportasi sering menjadi simbol untuk mempererat hubungan Indonesia dengan negara-negara lain dalam forum dunia.

Indonesia juga merupakan salah satu manufaktur sepeda dan komponen sepeda dunia yang sangat diperhitungkan. Indonesia pun mencatatkan peningkatan ekspor sepeda dan komponen sepeda tahun 2021 sebesar USD 12 ribu atau naik 66,7 persen dari tahun sebelumnya.

Indonesia Funride in Taiwan yang baru pertama kali diadakan ini mendapat antusiasme WNI di Taiwan. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 150 peserta yang terdiri atas pekerja migran, kalangan profesional, pelajar Indonesia, dan sejumlah warga lokal dari berbagai penjuru Taiwan yang ikut berkumpul sejak dini hari.

Turut hadir pada kegiatan tersebut perwakilan BPJamsostek, Bank Rakyat Indonesia, dan perusahaan telekomunikasi Telin Taiwan.

Peserta kegiatan bersepeda bersama juga mengenakan atribut perayaan kemerdekaan ke-77 Indonesia sewaktu menyusuri rute wisata jalur sepeda sehingga menarik perhatian para warga dan pesepeda lainnya. 

“Dengan begitu, KDEI juga berkesempatan mempromosikan Indonesia melalui 
kegiatan positif bersama dengan warga Taichung,” ungkap Budi.

Budi mengungkapkan, kegiatan bersepeda bersama warga Indonesia di Taiwan tersebut sebagai upaya mempererat tali silahturahmi juga sebagai wadah kegiatan positif bagi warga Indonesia di Taiwan yang didukung dan diprakarsai KDEI Taipei. 

Taiwan memiliki banyak lokasi wisata bersepeda dan budaya sepeda yang kuat. Sebagai catatan, Taiwan merupakan eksportir sepeda terbesar ke-2 dunia dengan 10 persen pangsa pasar global.

Kegiatan bersepeda ini juga cukup istimewa karena peserta dapat memilih dua tipe etape yaitu jalur sepeda pegunungan dan jalur sepeda wisata. Sehingga, pesepeda olahraga amatir maupun pesepeda rekreasi dan keluarga dapat ikut serta dalam kegiatan ini yang secara total menempuh jarak 47 kilometer.

Budi juga menyampaikan agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk mempererat hubungan antara warga Indonesia dengan Taiwan.

“Kami berharap dengan komitmen dan dukungan penuh dari elemen mitra kerja KDEI Taipei di Taiwan, kegiatan positif ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya,” pungkas Budi.

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update