Pernikahan Dini dan Pencabulan di Dharmasraya Meningkat, Ini Langkah Antisipasi Dinas Sosial P3APPKB
×

Adsense

Adsense Mobile

Pernikahan Dini dan Pencabulan di Dharmasraya Meningkat, Ini Langkah Antisipasi Dinas Sosial P3APPKB

Selasa, 30 Agustus 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-08-30T09:13:28Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Pernikahan usia dini di Kabupaten Dharmasraya termasuk kasus tertinggi urutan nomor 3  di kabupaten dan kota Provinsi Sumatera Barat, termasuk kasus tentang pencabulan di bawah umur.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza cukup prihatin dengan kasus ini,

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya Bobby Perdana Riza yang ditemui awak media di ruangannya pada Selasa (30/08/2022).

"Beberapa kasus yang jadi perhatian serius kami saat ini di kabupaten Dharmasraya adalah tentang kasus pernikahan dini, saat ini termasuk kasus tertinggi di urutan nomor 3 di kabupaten dan kota Provinsi Sumatera Barat dan kemudian termasuk kasus tentang pencabulan anak di bawah umur.

Meningkatnya kasus jumlah Pernikahan Dini terjadi pada data tahun 2021 lalu. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami dari Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya telah menjalin komunikasi dengan instasi terkait seperti Pengadilan Agama dan Kemenag Kabupaten Dharmasraya.

Karena kasus Pernikahan usia Dini terus meningkat karena undang-undang perkawinan ada perubahan yang saat ini, bagi yang akan melakukan pernikahan harus wajib menikah pada usia di atas 19 tahun, sebelumnya di atas umur 17 tahun. 

Kami terus melakukan penyuluhan tentang kasus pernikahan usia dini dan kasus tentang pencabulan yang terjadi di Kabupaten Dharmasraya saat ini.

"Kami mengimbau agar peran orang tua dan keluarga kita tingkatkan. Kita saat ini tinggal di ranah Minang, tentu peran ninik mamak sangat penting sekali untuk kesejahteraan dan kebahagiaan anak cucu kemenakan nantinya," ucap Bobby Perdana Riza.

(eko)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update