Pimpin Upacara Kenakan Pakaian Adat Lampung, Wamendagri: Bangga Orang Timur Bisa Berbaur
×

Adsense

Adsense Mobile

Pimpin Upacara Kenakan Pakaian Adat Lampung, Wamendagri: Bangga Orang Timur Bisa Berbaur

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14.00 WIB Last Updated 2022-08-17T10:29:32Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Wamendagri Pimpin Upacara Kenakan Pakaian Adat Lampung
Wamendagri Pimpin Upacara Kenakan Pakaian Adat Lampung. (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengenakan pakaian adat Provinsi Lampung saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (17/8/2022). Pakaian adat itu dikenakan Wempi sebagai bentuk kebanggaannya sebagai orang timur Indonesia bisa berbaur dengan budaya lainnya. 

"Kenapa saya pakai (pakaian adat) Lampung? Karena kebanggaan saya orang timur (Indonesia) tetapi bisa berbaur menggunakan pakaian adat Lampung," ujar Wempi saat ditemui usai upacara yang berlangsung di Plaza Kantor Pusat Kemendagri tersebut. 

Dikenakannya pakaian adat Lampung saat momen HUT ke-77 RI diharapkan dapat membuat masyarakat Lampung bangga dengan budaya yang dimilikinya. Terlebih, lanjut Wempi, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa. “Saya bangga bisa menggunakan pakaian adat Lampung,” ucap Wempi. 

Di lain sisi, Wempi berpesan agar para pegawai di lingkungan Kemendagri dapat mengisi kemerdekaan dengan turut terlibat dalam pembangunan. Menurutnya, tidak perlu lagi ada perdebatan terhadap berbagai perbedaan termasuk cara berpikir yang beragam. 

“(Perdebatan) Itu saya kira tidak perlu, bukan waktunya lagi, justru perbedaan itu menjadi perekat persatuan kesatuan kita untuk membangun, mengokohkan bangsa dan negara kita itu lebih baik,” terang Wempi. 

Dirinya mengajak generasi muda untuk bersatu padu mengisi kemerdekaan dengan berbagai upaya pembangunan yang positif. Menurutnya, para pemimpin terdahulu telah meletakkan fondasi yang kuat bagi generasi bangsa agar mampu meneruskan perjuangan dan mengisi kemerdekaan dengan baik. 

Selain Wempi, para pejabat eselon I di lingkup Kemendagri yang hadir dalam upacara tersebut juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Adapun upacara ini diikuti oleh pegawai Kemendagri baik secara luring maupun daring.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update