PPSDM Kemendagri Yogyakarta Gelar Coaching Clinic Penulisan Buku dan Jurnal
×

Adsense

Adsense Mobile

PPSDM Kemendagri Yogyakarta Gelar Coaching Clinic Penulisan Buku dan Jurnal

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21.10 WIB Last Updated 2022-08-20T14:22:15Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Yogyakarta, Mjnews.id - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Yogyakarta menggelar coahing clinic penulisan buku dan jurnal bagi 40 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Kamis 18 Agustus 2022.

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta Agus Irawan mengatakan, acara bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya menulis secara ilmiah di kalangan pejabat fungsional. Agus berharap, coaching clinic itu dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi peserta dalam menganalisis suatu kondisi dan kebijakan strategis organisasi pemerintahan. 

“Coaching clinic ini diharapkan dapat menunjang keterampilan dan pengetahuan seluruh pejabat fungsional dalam penulisan buku dan jurnal,” katanya. 

Dia menambahkan, kegiatan ini menjadi alternatif pengembangan kompetensi bagi PNS. Selain itu, melalui kegiatan ini, kebutuhan pengembangan kompetensi sebanyak 20 jam pelajaran per tahun juga dapat terpenuhi. 

Seperti diketahui, publikasi ilmiah melalui penulisan buku dan jurnal merupakan salah satu aspek yang harus dipenuhi oleh seorang pejabat fungsional. Tepatnya, hal ini masuk ke dalam unsur pengembangan profesi, yang merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pejabat fungsional untuk kenaikan pangkat/jenjang jabatan. 

“Sehingga (kegiatan ini) mampu mendorong semangat menulis dan melakukan mempublikasikannya secara ilmiah,” ujar Agus. 

Sebagai informasi, pada kegiatan ini hadir dua narasumber yang merupakan akademisi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Keduanya yaitu Wiyatmi yang mendampingi kelompok penulisan buku, dan Anita Triastuti yang mendampingi penulisan publikasi ilmiah. Adapun para peserta merupakan pejabat fungsional widyaiswara, pejabat fungsional tertentu lainnya dari lingkup PPSDM Regional Yogyakarta, Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan instansi vertikal lainnya.

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update