Presiden Jokowi dan Erick Thohir Bina Generasi Muda Papua Lewat Sepak Bola
×

Adsense

Adsense Mobile

Presiden Jokowi dan Erick Thohir Bina Generasi Muda Papua Lewat Sepak Bola

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14.31 WIB Last Updated 2022-08-31T07:31:11Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Erick Thohir resmikan pusat pelatihan sepak bola di Stadion Lukas Enembe Papua
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan pusat pelatihan sepak bola di Stadion Lukas Enembe Papua, Rabu (31/8/2022) WIT. (f/bumn)

JAYAPURA, Mjnews.id - Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan pusat pelatihan sepak bola di Stadion Lukas Enembe Papua, Rabu (31/8/2022) WIT. Peresmian Papua Football Academy (PFA) ini jadi komitmen pemerintah untuk membangun Papua di segala bidang. Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi dan Erick Thohir sempat bermain sepak bola dengan anak-anak Papua. 

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peresmian Papua Football Academy (PFA) jadi komitmen pemerintah untuk membangun Papua lewat sepak bola. Selain pembangunan infrastruktur fisik yang masif di Papua, kata Erick, pemerintah mendorong pembangunan sumber daya manusia yang salah satunya via sepak bola. 

"Kita tahu bahwa selama ini Papua adalah salah satu provinsi yang menjadi gudang talenta pesepak bola berbakat yang telah mengharumkan Indonesia di pentas internasional. Dengan peresmian Papua Football Academy ini semoga akan semakin banyak lagi anak Papua yang akan mengharumkan nama daerah sekaligus bangsanya Indonesia," ujar Erick lewat keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Erick mengatakan bahwa sepak bola kini telah berkembang sebagai salah satu industri besar di dunia. Menurut pria yang pernah menjadi Presiden klub Inter Milan itu, sepak bola profesional telah menjadi salah satu profesi menjanjikan. "Pembangunan manusia lewat sepak bola adalah salah satu agenda FIFA yang sejalan pula dengan visi pemerintah. Papua adalah provinsi yang sangat mencintai sepak bola, sangat tepat untuk menjadi sentra utama pembinaan sepak bola nasional," kata Erick. 

Sebagai pecinta sepak bola, Erick paham betul bahwa sejarah sepak bola nasional tak terlepas dari pemain asal Papua. Oleh karena itu Erick optimistis dengan hadirnya Papua Football Academy akan menjadi salah satu motor bagi perkembangan sepak bola dan timnas Indonesia ke depan. 

"Terlalu banyak jika kita menyebut nama pesepak bola Papua yang telah berkontribusi besar bagi timnas Indonesia. Sebut saja Boaz Solossa, Rully Nere, hingga kini Ricky Kambuaya. Dan ke depan saya yakin akan lebih banyak lagi anak Papua yang akan mengharumkan nama Indonesia di pentas sepak bola internasional," ujar Erick.

Dengan pembinaan yang baik dan profesional, Erick yakin pemain asal Papua Football Academy tidak hanya akan berbicara di level nasional. "Harapan kita tentu akan muncul pemain asal Papua Football Academy yang akan bermain di Premier League, Serie A, atau LA Liga. Dengan usaha keras, insya Allah kita bisa mewujudkannya," ujar Erick.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah mendelegasikan Menteri PUPR dan Menteri BUMN untuk fokus membangun infrastruktur Papua di segala bidang. Selain membangun sekolah sepak bola, pemerintah sudah membangun sejumlah stadion olahraga berstandar internasional.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update