Saksikan Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI, Padang Panjang Jadi Lautan Manusia
×

Adsense

Adsense Mobile

Saksikan Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI, Padang Panjang Jadi Lautan Manusia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-08-18T14:11:07Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI di Padang Panjang
Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI di Padang Panjang. (f/kominfo)

Padang Panjang, MJNews.id - Setelah dua tahun absen lantaran pandemi Covid-19, pawai alegoris kembali digelar di Kota Padang Panjang, Kamis (18/8/2022). Warga dari berbagai daerah tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilewati rombongan pawai yang berlangsung meriah dengan penonton membludak.

Pawai alegoris dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano didampingi Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md. Turut hadir Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Ketua GOW, Nova Era Yanthy Asrul, Forkopimda, kepala OPD, pimpinan bank, BUMN/BUMD serta undangan lainnya, di Depan BRI Jl. Sudirman. Pembukaan ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Wako Fadly dan diawali dengan penampilan Paskibraka Kota Padang Panjang.

Dalam hantaran singkatnya, Fadly mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya pawai alegoris yang sudah dua tahun ini tidak bisa digelar karena pandemi. Dengan antusiasme penonton yang penuh sesak untuk menyaksikan agenda tahunan ini dilakukan Pemko.

"Atas nama pemerintah, kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu, dari kedinasan, TNI, Polri dan kita semua yang sudah terlibat, serta hadir pada kesempatan ini sehingga terlaksananya pawai ini, yang saya yakin, bapak ibu yang menonton ini tidak hanya dari Kota Padang Panjang, namun juga ada dari luar kota. Karena memang sudah dua tahun kita tidak bisa mengadakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Pawai ini diikuti sekitar 4.800-an peserta jalan kaki yang berasal dari sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menampilkan marching band, peragaan pakaian adat dan lainnya. Selain itu juga diikuti organisasi masyarakat (ormas), dan komunitas daerah yang berdomisili di Kota Padang Panjang dengan menampilkan Tabuik, Reog Ponorogo, Tari Tor-Tor dan Barongsai.

Juga ada peserta pawai kendaraan hias sebanyak 31 unit kendaraan hias roda empat, dan 52 unit kendaraan hias roda dua. Diikuti OPD di lingkungan Pemerintah Kota, BUMN, BUMD, swasta dan ormas serta komunitas otomotif.

Menariknya, petugas Pemadam Kebakaran juga menampilkan tata cara memadamkan api, menangkap hewan liar seperti ular, pemusnahan sarang tawon dan penindaklanjutan kecelakaan lalu lintas yang juga bekerja sama dengan PSC 119 di hadapan pejabat Kota Padang Panjang.

Wako Fadly juga ikut berpartisipasi dalam beberapa antraksi yang ditampilkan peserta pawai. Seperti pemadaman api yang berasal dari gas LPG yang juga diikuti Wawako Asrul beserta ketua DPRD.

Para tamu undangan juga memberikan standing applause kepada peserta pawai yang berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang juga ikut tampil pada pawai ini.

Selama penampilan peserta pawai, Wako Fadly dan jajaran sangat terkesan dengan persiapan yang sudah dilakukan dan penampilan yang ditampilkan semaksimal mungkin. Ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang menonton pawai tersebut, dibuktikan dengan tetap ramainya penonton hingga acara selesai.

“Kami mengapresiasi kepada semua peserta pawai, yang saya yakin ini tidak hanya dipersiapkan kemarin, namun beberapa minggu sebelum ini, agar tampil semaksimal mungkin. Ini juga sebagai bentuk kreativitas dari semuanya dalam menampilkan hal-hal yang menarik,” tutur Fadly.

Diujung acara, pawai alegoris ditutup dengan pemberian doorprize kepada beberapa peserta pawai berdasarkan nomor urut yang sudah didapatkan sebelumnya. Di mana kupon langsung dicabut Wako Fadly dan pejabat lainnya.

(son)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update