Sinergi Foundation Resmikan Sumur Wakaf di Kampung Cihawuk, Bantu Masyarakat Kekurangan Air
×

Adsense

Adsense Mobile

Sinergi Foundation Resmikan Sumur Wakaf di Kampung Cihawuk, Bantu Masyarakat Kekurangan Air

Senin, 15 Agustus 2022 | 01.00 WIB Last Updated 2022-08-15T08:29:24Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Sinergi Foundation Resmikan Sumur Wakaf di Kampung Cihawuk
Sinergi Foundation Resmikan Sumur Wakaf di Kampung Cihawuk. (f/ist)

BANDUNG, Mjnews.id - Sinergi Foundation telah meresmikan Sumur Wakaf yang berlokasi di Kampung Cihawuk, Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat di Masjid Jami Al Istiqomah Cihawuk, pada Jumat 12 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Yaya Deres, selaku Kepala Desa Cihawuk dan juga masyarakat sekitar yang berkumpul di kawasan Masjid Jami Al Istiqomah.

Kepala Desa Cihawuk, Yaya Deres, dalam sambutannya mengatakan, Sumur Wakaf ini menjadi tempat yang dapat membantu masyarakat untuk mengambil air. Pun diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

“Dengan adanya sumur wakaf di Desa Cihawuk, semoga masyarakat bisa merawatnya dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat”, tutur Yaya, Senin 15 Agustus 2022.

Karena itu Pak Yaya mengajak para masyarakat untuk merawat dan memelihara keberadaan sumur tersebut agar tidak terbengkalai, agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Sebelum adanya Sumur Wakaf tersebut, masyarakat sekitar hanya bergantung pada satu titik yang menjadi pusat untuk mendapatkan air yang dilakukan dengan pipanisasi dari wilayah Garut.

Dengan jarak yang jauh tersebut, air yang dihasilkan dengan cara pipanisasi mengalir dengan sedikit, karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan pasokan air. Tak hanya itu, apabila air tidak mengalir dengan lancar, masyarakat setempat harus mengambil air dari titik yang menjadi pusat penampungan. Jarak untuk mengambil air nya pun terbilang jauh sekitar 1 km dari kawasan tersebut.

Selain Pak Yaya, Manager Program Sinergi Foundation, Rahmi Indriyani, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Sumur Wakaf di Desa Cihawuk ini dilakukan karena wilayah tersebut masuk ke dalam kriteria yang membutuhkan fasilitas air setelah dilakukan observasi dan tahap lainnya.

“Pembangunan Sumur Wakaf di Desa Cihawuk ini dilakukan karena kawasan ini masuk ke dalam kriteria untuk mendapatkan bantuan berupa fasilitas air. Diharapkan dengan adanya Sumur Wakaf ini, dapat membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan dan bisa memberikan manfaat”, jelas Rahmi. 

Sejauh ini terdapat 10 rumah warga yang disuplai dengan cara pipanisasi dan telah merasakan manfaat menggunakan air dari Sumur Wakaf. Pipanisasi dilakukan agar lebih mempermudah masyarakat mengambil air. Kedepannya tidak hanya 10 rumah saja yang akan melakukan pipanisasi, kemungkinan akan bertambah.

Pengeboran Sumur Wakaf dilakukan di kawasan sekitar Masjid Jami Al Istiqomah Cihawuk, tepatnya di sebelah tempat wudhu dan toilet yang ada di samping masjid. Dilakukan pengeboran di kawasan tersebut agar menjadi pusat untuk pengambilan air bagi masyarakat yang belum melakukan pipanisasi. 

Selanjutnya, kegiatan dilakukan dengan penyerahan prasasti peresmian Sumur Wakaf dari Sinergi Foundation kepada Kepala Desa Cihawuk. Sebagai tanda bahwa Sumur Wakaf  tersebut telah diresmikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar maupun yang berkunjung ke kawasan Desa Cihawuk, terutama untuk berwudhu saat akan menunaikan ibadah sholat. 

Dalam kegiatan peresmian tersebut, turut hadir Ketua RT.02 Desa Cihawuk, Pak Nandang. Saat ditemui beliau mengungkapkan kebahagiaannya dengan adanya Sumur Wakaf ini. Lebih lanjut, Nandang, menjelaskan rasa syukur dengan adanya Sumur Wakaf ini karena dapat membantu masyarakat sekitar. 

“Disini sebelumnya kekurangan air, sekarang setelah ada bantuan Sumur Wakaf, Alhamdulillah sekarang warga tidak sulit sesudah ada sumur ini. Alhamdulillah sumur ini sudah terasa manfaatnya oleh masyarakat”, tutur Nandang.

Selain itu, masyarakat yang hadir dalam peresmian pun turut bahagia dengan adanya Sumur Wakaf tersebut. Salah satunya disampaikan oleh Ibu Imas Siti Masitoh, beliau mengatakan, kehadiran Sumur Wakaf ini sangat membantu terutama seperti ibu-ibu yang membutuhkan air untuk memasak. 

“Sangat berterima kasih adanya Sumur Wakaf dari Sinergi Foundation. Dulu saya kesusahan air untuk mandi, untuk berwudhu, untuk masak. Tapi adanya Sumur Wakaf ini, alhamdulillah saya sekarang mendapatkan air bersih untuk masak, wudhu dan mandi. Kadang anak untuk ke jamban pun susah karena tidak ada air, tapi sekarang alhamdulillah dengan adanya sumur ini saya bisa menikmati airnya”, tutur Imas. 

Di akhir, Sinergi Foundation memberikan santunan kepada 10 anak pondok pesantren yang ada di Desa Cihawuk. Santunan tersebut diberikan langsung oleh Manager Program Sinergi Foundation, Rahmi Indriyani, kepada anak-anak yang hadir. Dan diwakilkan oleh orang tua bagi anak-anak yang tidak dapat hadir. 

Sumur wakaf adalah sebentuk ikhtiar Sinergi Foundation, sebagai lembaga pengelola wakaf, zakat dan infak-sedekah, untuk membantu masyarakat sekitar agar mendapatkan manfaat dari adanya fasilitas air yang berlimpah. Dengan adanya sumber air ini diharapkan dapat membantu memperlancar aktivitas kehidupan sehari-hari seperti memasak, mandi, wudhu dan sebagainya.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update