Tim Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Dapat Pengarahan Kemendagri
×

Adsense

Adsense Mobile

Tim Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Dapat Pengarahan Kemendagri

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16.00 WIB Last Updated 2022-08-11T11:01:39Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Bahtiar serahkan bendera merah putih
Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar serahkan bendera merah putih secara simbolis kepada Perwakilan Tim Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih. (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id -  Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar memberikan pengarahan kepada Tim Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih. Pengarahan dilakukan di Gedung F, Kemendagri, Rabu (10/8/2022). 

Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih ini direncanakan akan dilaksanakan di 3 daerah, yaitu Kota Banda Aceh, Aceh; Kabupaten Merauke, Papua; dan Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Dalam pengarahannya, Bahtiar berharap Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih ini tidak hanya menjadi gerakan seremonial, namun dapat dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia. 

“Kita sebagai masyarakat yang lahir dan hidup di bumi Indonesia harus terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih pada bulan Agustus. Mengibarkan bendera merah putih ini menjadi wujud cinta kita kepada negara Indonesia,” ujar Bahtiar. 

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri juga mengajak seluruh jajaran di lingkup Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan PUM Kemendagri, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota mendukung penuh dan jangan ragu mendorong seluruh pihak untuk menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. 

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Melalui gerakan ini diharapkan bendera merah putih bisa berkibar di seluruh instansi pemerintah, swasta, sekolah, tempat umum, rumah, di jalan-jalan, di tempat-tempat strategis, dan di setiap jengkal wilayah Nusantara,” tambah Bahtiar. 

Adapun Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta. 

Di akhir pengarahannya, Bahtiar yang didampingi oleh Pelaksana Harian (Plh.) Sekertaris Ditjen Politik dan PUM Risnandar Mahiwa, dan Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya La Ode Ahmad, menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan Tim Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, di antaranya adalah Kasubdit Pembauran dan Pelestarian Bhinneka Tunggal Ika Arnella Pagit Tarigan, Kasubdit Ketahanan Seni dan Budaya Boby Yonan, serta Analis Kebijakan Ahli Madya Subdit Kemitraan dan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Prayogo Heri Cahyono. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo diagendakan akan mengunjungi sejumlah daerah untuk meninjau pelaksanaan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Daerah yang akan dikunjungi antara lain Kabupaten Merauke, Papua pada 12 Agustus 2022 dan Kota Surabaya, Jawa Timur pada 14 Agustus 2022 oleh Mendagri, serta Kota Banda Aceh, Aceh pada 13 Agustus 2022 oleh Wamendagri.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update