Usai Pimpin Upacara, Mendagri Bagikan Bendera Merah Putih di Rote Ndao
×

Adsense

Adsense Mobile

Usai Pimpin Upacara, Mendagri Bagikan Bendera Merah Putih di Rote Ndao

Kamis, 18 Agustus 2022 | 07.00 WIB Last Updated 2022-08-18T03:38:39Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Mendagri Bagikan Bendera Merah Putih di Rote Ndao
Mendagri Bagikan Bendera Merah Putih di Rote Ndao. (f/kemendagri)

Rote Ndao, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian membagikan bendera merah putih secara simbolis kepada sejumlah pihak di Kabupaten Rote Ndao. Bendera tersebut dibagikan usai Mendagri memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang berlangsung di Lapangan Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/8/2022). 

Bendera merah putih tersebut dibagikan kepada Camat Rote Barat, Kapolsek Rote Barat, Danramil Batutua 1627/03, dan perwakilan tokoh masyarakat. Selain itu, Mendagri juga memberikan bantuan seragam sekolah kepada perwakilan siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. 

Adapun pembagian bendera tersebut merupakan bagian dari Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM). Gerakan tersebut untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus memupuk kebanggaan dan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. 

Sebelumnya, Kemendagri secara simbolis telah membagikan bendera merah putih di Kabupaten Merauke, Kota Banda Aceh, dan Kota Surabaya. Di Kabupaten Merauke pembagian bendera secara simbolis dilakukan oleh Mendagri. Sementara di Kota Banda Aceh dilakukan Wamendagri, dan di Kota Surabaya pembagiannya kembali dilakukan oleh Mendagri. 

Mendagri mengatakan, bendera merah putih telah banyak berkibar di berbagai tempat di Kabupaten Rote Ndao. Pengibaran bendera tersebut, kata dia, dapat memperkuat rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia. Tak hanya itu, berkibarnya bendera di berbagai penjuru Indonesia juga memperkuat status bangsa. 

“(Berkibarnya bendera) itu memperkuat patriotisme, nasionalisme, sekaligus status bangsa kita ya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote semua bendera merah putih berkibar, dan kita rayakan HUT kemerdekaan dengan gembira sebagai fondasi bangunan rumah kita bersama rumah indonesia,” ujar Mendagri. 

Adapun Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini berlangsung sepanjang Agustus 2022. Hingga saat ini, gerakan tersebut telah diikuti oleh hampir seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah (Pemda), Kemendagri juga mendorong semua unsur masyarakat untuk dapat bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update