Wako Padang Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil di Forum Urban 20 Mayors Summit
×

Adsense

Adsense Mobile

Wako Padang Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil di Forum Urban 20 Mayors Summit

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08.00 WIB Last Updated 2022-08-31T08:44:19Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Hendri Septa di Forum Urban 20 Mayors Summit
Wako Padang, Hendri Septa di Forum Urban 20 Mayors Summit. (f/prokopim)

Jakarta, Mjnews.id - Wali Kota Padang Hendri Septa diundang dalam Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit di Jakarta, Selasa (30/8/2022). Pada forum tersebut, Hendri Septa mengusulkan pemanfaatan energi nonfosil.

“Saat ini kita masih mengandalkan energi fosil untuk memenuhi kebutuhan energi yang justru semakin menipis cadangannya, sedangkan kita memiliki sumber daya energi alternatif nonfosil yang besar, namun pemanfaatannya masih minim,” sebut Hendri Septa dalam tanya jawab dan diskusi dalam Forum U20 Majors Summit di Fairmount Hotel, Senayan, Jakarta.

Dikatakan Hendri Septa, salah satu yang menjadi usulannya dalam pemanfaatan energi non fosil yakni pemanfaatan teknologi gelombang laut. Nantinya, energi angin akan dapat menggerakkan dan menjadi sumber energi berkelanjutan.

“Energi angin akan menggerakkan listrik, dan lainnya. Tentunya ini akan menjadi sumber energi baru di saat cadangan batu bara dan lainnya makin menipis,” kata Hendri Septa.

Dituturkannya, Indonesia merupakan daerah maritim. Energi dari angin laut akan sangat membantu daerah yang berada di pesisir pantai, seperti Kota Padang, dan lainnya.

Tidak itu saja. Wali Kota juga mengusulkan dan tengah memproses kerjasama dengan PT Semen Padang dan Kementerian Lingkungan Hidup terkait Refuse Derived Fuel (RDF). Kerjasama ini dilakukan dalam rangka pengurangan sampah di Padang yang mencapai 600 ton lebih dalam sehari.

Wali Kota yang juga tokoh muda Sumatera Barat itu juga sempat berbagi pengalaman Pemko Padang dalam mengatasi pandemi Covid-19. Termasuk cara Pemko Padang dalam mengajak warga melakukan vaksinasi Covid-19.

“Kita juga telah menggunakan transportasi massal sebagai moda transportasi bagi warga. Padang punya ‘Trans Padang’ yang menggantikan keberadaan angkutan kota, artinya kita sudah ‘on the track’,” sebut Hendri Septa.

“Semua usul dan saran dalam Forum U-20 Mayors Summit tersebut akan disampaikan kepada Presiden RI sebagai saran kebijakan, lalu akan dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan dunia,” kata Plt Kadis Kominfo Al Amin, mendampingi walikota bersama Kepala Bagian Kerjasama Erwin, serta Kepala Bagian PBJ Novalino.

Diketahui, U20 merupakan bagian dari rangkaian Presidensi G20 Indonesia 2022. U20 Mayors Summit merupakan puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

U20 Mayors Summit juga dihadiri delegasi pemerintahan dari Los Angeles, Rotterdam, Tokyo, Tshwane, Mumbai, Sydney, Berlin, São Paulo, Madrid, Moskow, Buenos Aires, Istanbul. Melalui virtual, hadir delegasi Amsterdam, Istanbul, Izmir, Johannesburg, Lisboa, Milan, Moskow, New York, Osaka, Roma serta pengamat dari 15 kota di dunia dan Indonesia.

(*/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update