Dana Pokir Mesra, 14 Poktan Padang Panjang Terima 2.350 Kg Benih Padi dan Tiga Alsintan
×

Adsense

Adsense Mobile

Dana Pokir Mesra, 14 Poktan Padang Panjang Terima 2.350 Kg Benih Padi dan Tiga Alsintan

Sabtu, 10 September 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-09-09T22:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dana Pokir Mesra
Berasal dari Dana Pokir Anggota DPRD Sumbar, Mesra, 14 Poktan Padang Panjang Terima 2.350 Kg Benih Padi dan Tiga Alsintan. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Sebanyak 14 kelompok tani (Poktan) menerima 2.350 kg benih padi dan tiga alat mesin pertanian (Alsintan) melalui APBD Provinsi Sumatera Barat yang juga merupakan pokok pikiran (Pokir) dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Mesra.

Poktan tersebut terdiri dari tiga poktan menerima alsintan dan 11 poktan menerima benih padi yang diserahkan Mesra didampingi Wakil Wali Kota, Drs. Asrul dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas, M.P di Aula Balai Benih Ikan, Jumat (9/9/2022).

Wawako Asrul mengucapkan terima kasih kepada Mesra atas pokir, bantuan dan kepeduliannya terhadap petani yang ada di Kota Padang Panjang. Di mana sekarang masyarakat sangat disulitkan dengan naiknya harga cabai dan BBM yang juga akan berakibat dengan naiknya inflasi.

“Bantuan yang berasal dari pokir DPRD Sumbar ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya poktan. Kepada yang menerima bantuan kami berharap bisa memanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa meringankan beban dari mereka,” ujarnya. 

Asrul juga menyampaikan, pemberian bantuan ini juga sebagai upaya menambah produktivitas dan mutu hasil pangan para petani guna terciptanya petani yang sejahtera dan makmur.

Sementara Mesra menyebutkan, pokir yang diberikan hari ini merupakan pokir lanjutan dari 2021 lalu. Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban para petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Ke depan kami berharap kepada Dispangtan untuk bisa lebih memaksimalkan program dan kegiatan yang bisa mengayomi dan meningkatkan kreativitas dan memberikan inovasi kepada para petani. Agar mereka bisa terbantu dan berkreativitas tanpa harus selalu menunggu bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Saat ini ada seorang petani di Kota Padang Panjang yang sudah berinovasi dengan memproduksi penangkar benih padi bersertifikat yang sudah menembus pasar Sumbar, atas nama A. Datuak Kinali yang berasal dari Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Dengan adanya bantuan, Ade Nafrita berharap ini menjadi sarana bagi petani untuk lebih produktif. 

“Benih padi yang diberikan bisa ditanam untuk September ini. Semoga bisa dipanen pada Desember mendatang,” tuturnya.

Tiga poktan yang menerima Alsintan, di antaranya Poktan Hamparan Sigata dari Kelurahan Ganting, Poktan Sakato I dari Kelurahan Guguk Malintang, Poktan Usaha Sepakat I dari Kelurahan Ganting.

(tia/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update