Elektabilitas Puan Maharani Meningkat, Berkat Kerja Nyata Turun ke Daerah
×

Adsense

Adsense Mobile

Elektabilitas Puan Maharani Meningkat, Berkat Kerja Nyata Turun ke Daerah

Sabtu, 10 September 2022 | 04.30 WIB Last Updated 2022-09-09T21:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Puan Maharani di Sumatera Utara
Puan Maharani di Sumatera Utara. (f/pdip)

JAKARTA, Mjnews.id - Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani dalam pemilihan presiden 2024 mendatang terus meningkat berkat kerja nyata dan safari politik ke berbagai daerah. 

Hal itu diketahui dari survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) yang digelar pada 3-18 Agustus 2022.

Dalam metode survei terbuka dimana responden tak diberi pilihan nama calon, Puan Maharani berada meraih elektabilitas sebesar 9,6 persen.

“Puan elektabilitasnya sudah meningkat cukup pesat dan berada di urutan tertinggi keempat,” kata Peneliti Senior Lembaga Survei KedaiKOPI Ashma Nur Afifah saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Puan hanya kalah dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26 persen), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,5 persen). 

Politisi PDI-P itu mengungguli nama besar lainnya seperti Ridwan Kamil (7,7 persen), Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (1,5 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,3 persen). 

Sementara dalam survei metode tertutup dimana responden sudah diberi sejumlah pilihan nama 19 tokoh, Puan tetap berada di posisi keempat dengan elektabilitas 11,3 persen. 

Dalam skema tertutup ini, Puan lagi-lagi hanya kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Berkat Turun ke Bawah
Elektabilitas Puan dalam survei kali ini sudah jauh meningkat dari survei sebelumnya yang digelar sejumlah lembaga.

Ashma pun menilai peningkatan elektabilitas ini terjadi akibat kerja keras Puan yang kerap turun ke bawah untuk safari politik ke desa-desa di berbagai daerah. 

Hal itu terlihat dari mayoritas responden pemilih Puan yang kebanyak berasal dari kawasan rural atau pedesaan. 

“Persetujuan terhadap Puan Maharani lebih banyak di daerah rural dibanding urban,” kata Ashma. 

Berdasarkan survey KedaiKopi, sebanyak 54,0 persen warga pedesaan mengaku senang dengan sosok Puan. 

Sementara untuk warga perkotaan yang senang Puan, angkanya lebih kecil yakni 46,4 persen. 

“Responden yang senang dengan sosok Puan menilai Bu Puan tegas dan berani, cerdas, serta kompeten,” kata Ashma. 

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio juga menilai elektabilitas Puan Maharani murni meningkat karena kerja kerasnya sebagai Anggota DPR. 

Sebab, ia menilai Puan selama ini belum mencuri start untuk melakukan kampanye atau pencitraan guna menghadapi Pilpres 2024. 

Hal itu berbeda dengan rekan separtainya Ganjar Pranowo yang dianggap sudah melakukan berbagai pencitraan untuk meningkatkan elektabilitas pribadi. 

“Puan Maharani tegak lurus dengan partai karena dia tahu keputusan untuk menentukan calon presiden ada di tangan Bu Megawati (Ketua Umum PDI-P). Jadi dia kerja aja tuh jadi anggota DPR, sehingga agak tertinggal elektabilitasnya meskipun sudah ada peningkatan,” kata Hendri.

(*/eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update