Jalan Baru Bayang - Alahan Panjang Dapat Dilalui Kendaraan Bermotor di 2023
×

Adsense

Adsense Mobile

Jalan Baru Bayang - Alahan Panjang Dapat Dilalui Kendaraan Bermotor di 2023

Kamis, 15 September 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-09-16T02:16:55Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Erasukma Munaf
Kepala Dinas PUPR Sumatera Barat, Erasukma Munaf. (f/obral)

Bayang Utara, Mjnews.id - Pada Januari 2023 nanti pembukaan ruas jalan baru sepanjang 18 kilometer dengan status jalan propinsi yang terletak di 2 Kecamatan Bayang Utara (Bayu) Kabupaten Pesisir Selatan ke Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok telah dapat dilalui kendaraan bermotor. 

Ungkapan ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Erasukma Munaf, ST, MM ketika dijumpai awak media ini di ruang kerjanya, Kamis 15 September 2022.

Menurutnya, sepanjang 500 meter pengerjaan jalan baru ini yang terletak di Kecamatan Bayu, Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan pengaspalan. 

"Sedang sisanya sepanjang 17, 5 meter lagi hanya baru dapat dilakukan pengerasan jalan serta berbentuk jalan tanah, namun di Bulan Januari 2023 nanti ke-2 daerah Kecamatan Bayu dan Alahan Panjang ini telah dapat dilalui kendaraan bermotor," imbuhnya. 

Sedangkan total panjang jalan ini sebelumnya sebagai jalan kabupaten di Kecamatan Bayang, Kecamatan Bayu-Kabupaten Pesisir Selatan, dan Alahan Panjang, Kabupaten Solok-sampai sebelum tahun 2019, dari ke-2 daerah itu masih berstatus jalan kabupaten. 

Namun, rencana pembangunan jalan baru ini sebelumnya akan bisa dirampungkan pada tahun 2019 lalu seharusnya demikian, tetapi karena negeri ini dilanda pandemi covid-19 maka rencana pembukaan jalan baru yang telah dirubah statusnya menjadi jalan propinsi itu, sempat terhenti. 

"Total panjang jalan yang telah ada dari Pasar Baru Kecamatan Bayang ke Alahan Panjang, selain dari yang 18 kilometer tersebut sebagai pembukaan jalan baru ini telah beraspal," sambungnya, pula. 

Kendati demikian, ruas jalan yang dilakukan pengerjaan di wilayah Kecamatan Bayu sepanjang 8 kilometer lebih, dan selebihnya berada pengerjaan ruas jalan di Alahan Panjang sekira 9 kilometer lebih pula.

"Ya, lama pengerjaan jalan tersebut 6 bulan dari Bulan Juli-Desember 2022 nanti, dan sampai 15 September tahun ini telah siap sekira 30 persen, dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR senilai Rp. 16 miliar, " sebutnya. 

Dikatakannya, dengan rampungnya pembukaan akses jalan baru ini akan berdampak positif bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat dari ke-2 daerah Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok. 

"Sebab, kedua daerah ini terbuka pintu keluar-masuk, sehingga masyarakat bisa cepat dan lebih dekat mengangkut beragam produk dan berbagai jenis barang," pungkasnya.

(*/oc)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update