Kanwil Kemenkumham Sumbar Adakan Sosialisasi Tertib Administrasi Pemilu 2024 bagi Parpol dan Stakeholder
×

Adsense

Adsense Mobile

Kanwil Kemenkumham Sumbar Adakan Sosialisasi Tertib Administrasi Pemilu 2024 bagi Parpol dan Stakeholder

Jumat, 02 September 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-09-01T22:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Kanwil Kemenkumham Sumbar Adakan Sosialisasi Tertib Administrasi Pemilu 2024 bagi Parpol dan Stakeholder
Kanwil Kemenkumham Sumbar Adakan Sosialisasi Tertib Administrasi Pemilu 2024 bagi Parpol dan Stakeholder. (f/kemenkumham)

Padang, Mjnews.id - Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Layanan Partai Politik serta memberikan Layanan Tertib Pengadministrasian Partai Politik yang berbadan hukum, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Kantor Wilayah Sumatera Barat menggelar Sosialisasi Layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) tentang Partai Politik dengan mengangkat tema “Wujudkan Sinergi Antar Stakeholder terkait dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum 2024” pada Kamis (1/9/2022).

Dalam acara yang dilaksanakan hingga esok hari ini, sebanyak 68 peserta yang berasal dari Kesbangpol Kab/Kota, KPU Kab/Kota, Notaris, dan dari Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat menghadiri acara ini.

Narasumber yang dihadirkan pada sosialisasi ini adalah Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Jefrinal Arifin, Ketua KPU Prov. Sumatera Barat Yanuk Sri Mulyani, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Izwaryani, dan Koordinator Partai Politik dari Direktorat Tata Negara, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Tjasdirin.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) memiliki andil dalam mensosialisasikan kepada parpol untuk tertib adminsitrasi terutama dalam pendaftaran Badan Hukum Partai Politik.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa Partai Politik saat ini dipandang sebagai salah satu pilar dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur. Partai Politik sebagai pilar demokrasi perlu ditata dan disempurnakan untuk mewujudkan sistem politik yang demokratis guna mendukung sistem presidensiil yang efektif.

“Penataan dan penyempurnaan Partai Politik diarahkan pada 2 (dua) hal utama yaitu Membentuk sikap dan perilaku Partai Politik yang terpola atau sistematik sehingga terbentuk budaya politik yang mendukung prinsip-prinsip dasar sistem demokrasi,” ujar Andika.

Pada sesi pertama sosialisasi ini, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar Jefrinal Arifin memaparkan terkait peran partai dan fungsi partai politik dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024. Jefri juga menjelaskan tentang apa saja Indikator Keberhasilan Pemilu.

Diantara indikator tersebut adalah Pemilu berjalan lancar sesuai rencana hingga akhir dengan efisien, penyelenggara yang tepercaya (gugatan proses dan gugatan hasil minim), menghasilkan yang terbaik dipilih), dan Pemilu berjalan tanpa permasalahan besar atau masalah turutan (Korban minim; konflik, sakit, polarisasi).

Jefri juga menyampaikan terkait tantangan yang dihadapi pada Pemilu, diantaranya: tingkat kepercayaan publik (penegakan peraturan; independensi-imparsial, penanganan pelanggaran) dan tingkat partisipasi & Karakter Pemilih cerdas bertanggung jawab mendukung penyelenggara).

(hms/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update