Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang Kembali Dibanjiri Ratusan Ibu-ibu Majelis Taklim
×

Adsense

Adsense Mobile

Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang Kembali Dibanjiri Ratusan Ibu-ibu Majelis Taklim

Senin, 05 September 2022 | 15.51 WIB Last Updated 2022-09-05T08:51:29Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Bandung, Mjnews.id - Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang untuk yang kesekian kalinya mengadakan kegiatan yang bertema: "Rihlah dan Tabligh Akbar" yang diikuti oleh ratusan ibu-ibu dari berbagai perwakilan majelis taklim dari Kota Bandung yang bertempat di Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang pada Rabu 30 Juli 2022 lalu. 

Kegiatan yang mengusung konsep kajian dan tadabur alam ini merupakan hasil kolaborasi Sinergi Foundation dengan Muslimat Al-Ittihadiyah Jawa Barat, Masjid Daarul Aulia dan Pengajian Muslimah Sinergi Foundation. 

Kegiatan berlangsung di Masjid Daarul Aulia yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustazah Nani, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Bunda Emma. 

Kemudian sambutan dari DKM Daarul Aulia yang disampaikan oleh Sigit Yunanto. Dilanjutkan sambutan dari Kepala Cabang Utama JNE Regional Bandung oleh Iyus Rustandi dan sambutan dari Owner Ina Cookies oleh Ina Wiyandini. Setelah sambutan selesai, Sinergi Foundation berkesempatan menyampaikan program Wakaf Masjid Daarul Aulia, yang disampaikan oleh Asep Muad. 

Di sela sambutan yang disampaikan oleh Iyus Rustandi. JNE Regional Bandung memberikan santunan zakat sebesar 25 juta untuk anak yatim-dhuafa. Santunan tersebut secara simbolis langsung diserahkan oleh Iyus Rustandi dan diterima oleh CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan. 

Tak lupa, Ina Wiyandini dalam sambutannya, menceritakan sedikit perjuangannya sebagai perempuan yang berusaha merintis usaha kue nya tersebut. Ina dengan penuh haru memberikan wejangan kepada para ibu-ibu majelis yang hadir untuk selalu semangat dalam mencapai mimpi yang diinginkan.

“Bukan kesulitan yang membuat kita sulit melainkan mindset kita sendiri. Harus tetap beriktiar untuk mencapai impian yang diinginkan” tutur Ina dalam keterangan persnya, Senin 5 September 2022.

Hal tersebut disampaikannya karena kegiatan kali ini mengusung tema yang berkaitan dengan seorang wanita muslim yang harus tangguh dalam menjalani kehidupan. 

Ratusan ibu-ibu majelis taklim yang hadir sangat antusias mendengarkan kajian yang disampaikan oleh Teh Ninih Mutmainnah. Kajian yang disampaikan mengangkat tema Muslimah Tangguh.

Dalam kajiannya, Teh Ninih menyampaikan, bahwa di zaman sekarang para wanita harus memiliki pandangan hidup seperti yang dicontohkan oleh istri baginda Rasulullah, Khadijah radhiyallahu ‘anha. Di mana Teh Ninih memberikan contoh nyata terkait kehidupan istri Rasulullah tersebut yang menjadi wanita sukses dan menjadi suri tauladan bagi seluruh wanita muslim saat ini.  

Kajian yang disampaikan oleh Teh Ninih mendapatkan banyak respon positif dari para ibu-ibu majelis yang hadir. Tak sedikit banyak ibu-ibu yang ingin bertanya kepada Teh Ninih terkait dengan persoalan hidup yang dihadapi oleh para kaum ibu saat ini. Ditambah lagi pihak penyelenggara telah menyiapkan doorprize untuk peserta yang bertanya. Hal tersebut membuat ibu-ibu majelis yang hadir semakin antusias dan membuat suasana semakin ramai. 

Di akhir kajian, Sinergi Foundation memberikan santunan berupa paket sembako kepada anak yatim-dhuafa. Paket tersebut diserahkan oleh Manager Program, Rahmi Indriyani, kepada perwakilan anak yatim-dhuafa yang hadir. 

Kegiatan berlangsung dengan ramai, karena setelah kajian selesai para ibu-ibu majelis langsung mengerumuni pasar bahagia. Di mana para ibu-ibu majelis yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan kupon yang kemudian bisa ditukarkan dengan makanan secara gratis. Selain itu, Sinergi Foundation memberikan sayuran yang ditanam langsung di kawasan Teras Lembang tersebut secara gratis kepada para peserta. 

Di akhir kegiatan, ibu-ibu majelis melakukan rihlah di kawasan Teras Lembang. Di mana di kawasan tersebut tidak hanya terdapat Masjid Daarul Aulia saja, melainkan terdapat berbagai macam tempat wisata halal berbasis wakaf. Di antaranya opieun Bandung, kebun stroberi, kebun anggrek, kebun sayuran, arena berpanah hingga berkuda. 

Terlihat rasa bahagia dari para ibu-ibu majelis taklim saat mengikuti kegiatan Rihlah dan Tabligh Akbar ini. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini, Lia Amaliana, saat ditemui di sela kajian berlangsung. 

“Alhamdulillah pagi hari ini kita melaksanakan kegiatan rihlah dan tabligh akbar di masjid Daarul Aulia Teras Lembang. Dengan banyaknya jamaah yang hadir pagi hari ini dari Bandung, Lembang dan sekitarnya. Mudah-mudahan untuk ke depannya lebih banyak jamaah lagi yang hadir. Semoga masjid Daarul Aulia ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Lembang pada khususnya, dan umumnya bagi kita semua,” tutur Lia.

Hal yang tak luput ditinggalkan oleh ibu-ibu majelis taklim adalah berswafoto di kawasan Teras Lembang. Tak dipungkiri lagi suasana sekitar Teras Lembang yang dikelilingi oleh pegunungan hijau yang memanjakan mata yang melihat. Ditambah lagi tempat wisata yang tersedia membuat foto selfie menjadi bucket list ibu-ibu majelis yang hadir. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk menimba ilmu, di sisi lain mengajak para ibu-ibu majelis taklim menikmati suasana Teras Lembang yang dibangun di atas tanah wakaf, dengan melihatkan semua fasilitas yang bisa di bangun dengan konsep berbasis wakaf produktif. 

Diharapkan kedepannya akan lebih banyak kegiatan yang dilakukan di Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang. Sehingga banyak masyarakat yang berkunjung dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya pemanfaatan kawasan berbasis wakaf. 

Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang sendiri merupakan kawasan berbasis wakaf yang dikelola oleh lembaga non-profit Sinergi Foundation yang menyajikan wisata religi. Terdapat berbagai fasilitas yang dikelola dengan dana berbasis wakaf seperti Masjid Daarul Aulia. Selain itu terdapat berbagai fasilitas lain, di antaranya opieun Bandung, kebun anggrek, kebun stroberi, kebun sayuran, arena berpanah dan berkuda.

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update