Kemendagri Dukung Peningkatan Kapasitas ASN dalam Penganggaran APBD 2023 Pemkab Bangka Selatan
×

Adsense

Adsense Mobile

Kemendagri Dukung Peningkatan Kapasitas ASN dalam Penganggaran APBD 2023 Pemkab Bangka Selatan

Selasa, 20 September 2022 | 04.00 WIB Last Updated 2022-09-20T08:10:04Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Sugeng Hariyono
Sugeng Hariyono dalam Peningkatan Kapasitas ASN dalam Penganggaran APBD 2023 Pemkab Bangka Selatan. (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mendukung upaya peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Dukungan ini dilakukan salah satunya dengan turut menyukseskan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dalam Penganggaran APBD TA 2023 yang digelar Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkab Bangka Selatan. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel 101 Jakarta, dari 18 hingga 21 September 2022.

Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan/keahlian, dan sikap aparatur yang membidangi penyusunan dokumen penganggaran berbasis SIPD di lingkup Pemkab Bangka Selatan.

Dalam sambutannya Senin (19/9/2022), Kepala BPSDM Kemendagri, Sugeng Hariyono menekankan, para pengelola keuangan harus bekerja dengan merujuk pada paket perundangan-undangan. Regulasi itu seperti Undang-Undang (UU) tentang Keuangan Negara, UU Perbendaharaan Negara, dan UU Pemeriksaan Keuangan Negara.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan terkait dimensi yang perlu diperhatikan dalam penerapan SPID. Hal itu seperti proses penyusunan dokumen perencanaan daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan instrumen urusan pemerintahan lainnya.

“Transaksi keuangan yang begitu banyak tidak mungkin lagi ditatausahakan secara manual. Oleh karenanya, modul penganggaran keuangan dalam aplikasi SIPD dihadirkan untuk menjawab tantangan tersebut,” ujarnya.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update