Ketika Para Geuchik di Aceh Timur Curhat Soal Persoalan Gampong ke Syech Fadhil
×

Adsense

Adsense Mobile

Ketika Para Geuchik di Aceh Timur Curhat Soal Persoalan Gampong ke Syech Fadhil

Kamis, 08 September 2022 | 20.00 WIB Last Updated 2022-09-08T13:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Para Geuchik di Aceh Timur Curhat Soal Persoalan Gampong ke Syech Fadhil
Para Geuchik di Aceh Timur Curhat Soal Persoalan Gampong ke Syech Fadhil. (f/dpd)

ACEH, Mjnews.id - Sejumlah kepala desa atau geuchik dan perangkat desa yang tergabung Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Aceh Timur, menggelar pertemuan dengan senator DPD RI asal Aceh HM Fadhil Rahmi, Lc MA, di salah satu Warkop di daerah setempat, Rabu 7 September 2022 siang.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri yang juga politisi Partai Aceh.

Sekjend Apdesi Aceh Timur, Rizalihadi, mengatakan pertemuan ini merupakan bagian dari perjuangan para geuchik di Aceh Timur yang telah memperjuangkan persoalan Penghasilan Tetap (Siltap) sejak 2021 yang lalu hingga 2022 ini. 

Dimana, untuk tahun 2022, para geuchik di Aceh Timur hanya menerima honor selama 8 bulan untuk setahun kerja.

“Hingga hari ini banyak rangkaian pertemuan dan pendekatan telah dilakukan oleh lembaga APDESI Aceh Timur dengan para pihak dan OPD terkait untuk memperjuangkan pembayaran SILTAP selama setahun,” kata Rizalihadi.

APDESI Aceh Timur, kata dia, mengapresiasi OPD-OPD terkait serta Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri dan DPDRI Ustad M. Fadhil Rahmi dalam menjembatani dan menyuarakan di parlemen masing-masing.

“Senin 12 September 2022 nanti, DPRK, Pemda dan APDESI Aceh Timur yang difasilitasi oleh Ketua DPRK Fattah Fikri akan melakukan pertemuan membahas solusi yang baik untuk ribuan perangkat Gampong Aceh Timur. Salah satunya yang kita harapkan adanya APBK Perubahan untuk menampung aspirasi ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap adalah pertemuan terakhir di tingkat Kabupaten dan APDESI akan mendengarkan bisa atau tidaknya, Pemda membantu gampong melalui bantuan keuangan daerah.

“Dan setelah itu baru APDESI akan menentukan sikap akhir dan arah kebijakan di tingkat kabupaten. Sedangkan Syech Fadhil akan membantu kami menyuarakan aspirasi ini di tingkat kementerian terkait,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Syech Fadhil dalam pertemuan tersebut mengatakan dirinya komit untuk menyuarakan aspirasi para geuchik di Aceh Timur di Senayan.

“Kita berharap persoalan ini selesai di tingkat kabupaten. Kalau pun tak selesai, persoalan ini kita bawa ke Senayan untuk kita suarakan di kementerian terkait. Karena geuchik merupakan ujung tombak pemerintahan di tingkat gampong,” kata senator yang dikenal akrab dengan kalangan dayah di Aceh ini.

(dpd/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update