Mahasiswa KKN-PPM Unand di Sungai Batu Gantih Jambi Adakan Rangkaian Sosialisasi kepada Murid SD
×

Adsense

Adsense Mobile

Mahasiswa KKN-PPM Unand di Sungai Batu Gantih Jambi Adakan Rangkaian Sosialisasi kepada Murid SD

Jumat, 02 September 2022 | 22.00 WIB Last Updated 2022-09-02T15:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

KERINCI, Mjnews.id - Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang melakukan serangkaian sosialisasi. Kegiatan ini merupakan bentuk dari implementasi program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di SD Negeri 89/III Desa Sungai Batu Gantih, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan mahasiswa KKN Unand dari berbagai latar jurusan yang berbeda-beda. Kegiatan yang dilakukan di dalam kelas dan di lapangan ini disambut antusias dari murid SD Negeri 89/III Sungai Batu Gantih.

Pelaksanaan sosialisasi dibagi menjadi dua hari, yang mana pada hari pertama diisi dengan berbagai macam materi seperti sosialisasi mengenai literasi digital, pentingnya menabung, pengenalan basic english, edukasi gizi seimbang hingga gerakan minum susu murni. Lalu, di hari kedua diisi dengan sosialisasi tentang cara cuci tangan yang baik dan benar oleh mahasiswa kedokteran.

“Topik atau materi dalam kegiatan sosialisasi ini telah kami rancang sedemikian mungkin dengan melihat fenomena serta permasalahan yang kerap terjadi pada murid sekolah saat ini. Karena kegiatan ini bersifat mengedukasi, sehingga kami berharap dapat memberi sedikit wawasan kepada siswa/i sekolah dasar melalui serangkaian tindakan yang nyata”, ujar Elga Arif Winata selaku ketua kelompok KKN UNAND Sungai Batu Gantih, Selasa (2/8/2022).

Hari pertama sosialisasi dilakukan pada beberapa kelas dengan 2-3 materi per kelas untuk disosialisasikan. Pada kelas VI misalnya disosialisasikan mengenai literasi digital, yang mana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran murid akan pentingnya penggunaan handphone secara bijak dan tepat serta kemampuan untuk berpikir kritis atas informasi yang didapatkan melalui internet.

Memasuki hari kedua rangkaian sosialisasi, dua mahasiswa kedokteran dibantu dengan anggota mahasiswa KKN lainnya mengadakan gerakan cuci tangan yang baik dan benar. Gerakan ini dilakukan di lapangan sekolah dan diikuti oleh semua murid dari semua kelas secara antusias. Mereka juga berkesempatan mempraktekkannya secara langsung dibantu oleh mahasiswa KKN PPM Unand.

“Tujuan diadakannya gerakan cuci tangan agar siswa/i SD itu tahu bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standar cuci tangan dunia oleh WHO. Karena sama-sama kita ketahui kalau cuci tangan itu penting untuk mencegah penyakit terutama penyakit menular”, papar Vonny Amalia, salah satu mahasiswa KKN Sungai Batu Gantih, Rabu (3/8/2022).

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini besar harapannya membawa perubahan perilaku murid ke arah yang positif dan dapat diterapkan secara berkelanjutan. Karena, inti dari adanya program KKN PPM ini adalah mengabdi kepada nagari dengan berbekal ilmu yang ada.
 
(***)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update