Mahasiswa KKN Unand Adakan Didikan Subuh Gabungan di Masjid Raya Sumani
×

Adsense

Adsense Mobile

Mahasiswa KKN Unand Adakan Didikan Subuh Gabungan di Masjid Raya Sumani

Selasa, 06 September 2022 | 05.30 WIB Last Updated 2022-09-06T11:27:54Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Mahasiswa KKN Unand Adakan Didikan Subuh Gabungan di Masjid Raya Sumani
Mahasiswa KKN Unand Adakan Didikan Subuh Gabungan di Masjid Raya Sumani. (f/dok pribadi)

Solok, Mjnews.id - Mahasiswa Universitas Andalas (Unand), Padang mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok sebagai bentuk implementasi pengetahuan yang diperoleh di kampus yang diterapkan lingkungan masyarakat.

Mahasiswa KKN UNAND di Nagari Sumani beranggotakan 24 orang yang diketuai oleh Purnama Zikro dimana salah satu program kerja yang diinisiasi dan dilaksanakan adalah program didikan subuh gabungan di Masjid Raya Sumani setiap Minggu Subuh. 
Kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter islam bagi anak-anak SD di Nagari Sumani serta menumbuhkan pribadi yang cinta Al Qur’an sedari dini. Program pembukaan didikan subuh gabungan se- Nagari Sumani ini dimulai pada Minggu 7 Agustus 2022, yang dihadiri oleh seluruh anak-anak MDA/TPA Nagari Sumani.

Pembukaan didikan subuh gabungan dihadiri oleh 53 santri dan guru-guru MDA/TPA dengan total terdapat delapan (8) MDA/TPA se-Nagari Sumani. Ketua LPTQ Sumani, dan perwakilan pihak Nagari yang diwakili oleh Kasi Pelayanan.

Ketua LPTQ Zul Amrizen, mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan berharap dapat di teruskan di Nagari Sumani.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini harus diapresiasi oleh Nagari dan seluruh MDA/TPA agar dapat terus dilaksanakan meskipun setelah mahasiswa KKN meninggalkan Nagari Sumani.

Irwan Pariyanto, perwakilan guru MDA di Nagari Sumani menambahkan, pelaksanakan didikan subuh sudah direnanakan sebelumnya, namun belum dapat terealisasikan dikarenakan beberapa kendala seperti pembentukan pengurus, dan juga jarak MDA yang cukup jauh dari lokasi didikan subuh gabungan yaitu di Masjid Raya Sumani.

Guru-guru MDA se-Nagari Sumani, perwakilan Nagari Sumani hingga masyarakat sekitar sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap dibentuknya program didikan subuh gabungan dan berharap kegiatan ini akan berlanjut seterusnya walaupun nantinya Mahasiswa KKN Unand di Nagari Sumani telah selesai melaksanakan KKN.

Pada acara didikan subuh gabungan ini, pengisi acaranya diisi oleh seluruh anak-anak MDA/TPA se-Nagari Sumani yang didampingi langsung oleh masing-masing guru dari MDA/TPA.

Menurut anak MDA yang ikut serta dalam acara didikan subuh gabungan ini, Anjani bahwa acara didikan subuh gabungan sangat menarik dan seru karena dapat bertemu dengan teman-teman MDA lainnya.

Selain Anjani, Riski juga menuturkan, acara didikan subuh gabungan ini sangat seru dan apabila acara didikan subuh gabungan ini tetap berlanjut walaupun tidak ada kakak-kakak KKN, Riski tetap berkeinginan untuk menghadiri didikan subuh gabungan ini.

Acara yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UNAND di Nagari Sumani tahun 2022 berjalan dengan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari berbagai pihak dan seluruh peserta yang hadir dan diakhir acara ditutup dengan sesi dokumentasi dengan seluruh peserta.

Sumber: Puput Oktaviani

(***)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update