Mendagri Dampingi Menko Marves Tinjau PLTSa Merah Putih dan RDF Plant Bantargebang
×

Adsense

Adsense Mobile

Mendagri Dampingi Menko Marves Tinjau PLTSa Merah Putih dan RDF Plant Bantargebang

Rabu, 07 September 2022 | 18.30 WIB Last Updated 2022-09-07T11:38:53Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Mendagri Dampingi Menko Marves Tinjau PLTSa Merah Putih dan RDF Plant Bantargebang
Mendagri Dampingi Menko Marves Tinjau PLTSa Merah Putih dan RDF Plant Bantargebang. (f/kemendagri)

Bekasi, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Merah Putih dan pembangunan fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan RDF Plant di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

Dalam peninjauan itu turut hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest) Nani Hendiarti, serta Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati.

Selain itu, hadir pula sejumlah pejabat pemerintah daerah (Pemda) di antaranya Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut turut hadir sejumlah pejabat dari Pemerintah Denmark. Mereka di antaranya Menteri Pembangunan Denmark Flemming Moller Mortensen, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, Wakil Sekretaris Pembangunan Denmark Stephan Schoneman, serta perwakilan dari Bank Dunia Satu Kahkonen.

Lokasi pertama yang dikunjungi rombongan yaitu PLTSa Merah Putih yang merupakan pilot project pengolahan sampah proses termal (PLTSa) Bantargerbang sebagai upaya mengurangi volume sampah. Fasilitas tersebut merupakan hasil kerja sama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Selain itu, PLTSa Merah Putih menjadi percontohan penggunaan teknologi termal, sekaligus merupakan proyek strategis nasional dalam mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Dalam kunjungannya itu, terlihat Menko Marves, Mendagri, beserta rombongan lainnya meninjau fasilitas yang dimiliki PLTSa Merah Putih, salah satunya ruang kendali operator. Mereka juga menyimak paparan mengenai proses pembangunan, capaian PLTSa Merah Putih, dan sebagainya.

Setelah meninjau PLTSa Merah Putih, rombongan beranjak ke lokasi pembangunan fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan RDF Plant yang lokasinya tidak jauh dari PLTSa. Ketika rombongan tiba di lokasi, terlihat proses pembangunan tengah berlangsung. Menko Marves, Mendagri, dan rombongan lainnya juga menyimak pemaparan terkait rancang bangun fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan RDF Plant yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Dalam kunjungan itu, rombongan juga sempat mengitari lokasi pembangunan untuk melihat progres yang telah berjalan. Sebagai informasi, pembangunan proyek tersebut merupakan milik dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

×
Berita Terbaru Update