Pemkab Pasbar Gelar Sosialisasi Percepatan Imunisasi BIAN di Sekolah
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemkab Pasbar Gelar Sosialisasi Percepatan Imunisasi BIAN di Sekolah

Jumat, 16 September 2022 | 06.30 WIB Last Updated 2022-09-16T01:23:13Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pasbar, Mjnews.id - Bekerjasama dengan UNICEF, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kesehatan, menggelar Sosialisasi Percepatan Imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Sekolah di Pasaman Barat, pada Kamis (15/9/202) di Aula Kantor Bupati setempat.
 
Sosialisasi dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Konsultan UNICEF Indonesia Sumatera Barat Niprida Mardin, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pasbar Hajran Huda, para OPD, Guru, Puskemas dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Pasbar Hamsuardi mengatakan sosialisasi ini sangat penting dilakukan, karena masih banyak masyarakat yang tidak mau diimunisasi dengan berbagai alasan. Untuk itu, sosialisasi ini dinilai penting agar para guru dapat memberi pengetahuan dan mendorong agar anak-anak mau di imunisasi.

Sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh konsultan UNICEF lanjutnya, bahwa target imunisasi harus tercapai, sehingga kesehatan juga tercipta secara berkelompok, karena target yang masih rendah yakni di bahwa 50 persen. 

"Di forum ini saya yakin semua setuju bahwa imunisasi itu penting, begitu juga dengan sekolah-sekolah. Sehingga saya menilai bahwa tidak tercapainya target karena masih adanya komunikasi yang tidak baik," katanya.

Ia menambahkan, imunisasi adalah salah satu upaya sehat secara berkelompok. Sehingga di sekolah seharusnya seluruh anak diimunisasi sehingga tidak mudah tertular penyakit.

"Saya himbau kepada semua pemangku kepentingan untuk mencapai target imunisasi ini. Baik itu guru, orang tua, dan tenaga kesehatan. Imunisasi ini diumumkan secara bertahap dan jangan sampai patah semangat," katanya.

Ia juga meminta dukungan jorong dan peran Da'i nagari untuk mendukung program imunisasi ini. Bahwa imunisasi merupakan kepentingan bersama di tengah masyarakat.

Sementara itu, Konsultan UNICEF Indonesia Sumatera Barat, Niprida Mardin mendukung kinerja Pemkab Pasbar dalam meningkatkan angka cakupan imunisasi dasar lengkap bagi masyarakatnya.

“Kita dari UNICEF sangat mendukung program imunisasi yang dicanangkan. Selanjutnya, program pemerintah daerah akan diintegrasikan ke kita (UNICEF), tujuannya sama terkait stunting dan imunisasi,” kata Niprida Mardin.

Ia juga memaparkan kepada yang hadir dalam sosialisasi mengenai dampak dan bahaya jika tidak melakukan imunisasi, seperti cacar, campak, rubella, dan lainnya.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update