Polda Papua Syukuran Hari Jadi ke-74 Polwan RI
×

Adsense

Adsense Mobile

Polda Papua Syukuran Hari Jadi ke-74 Polwan RI

Jumat, 09 September 2022 | 07.30 WIB Last Updated 2022-09-09T03:39:26Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Jayapura, Mjnews.id - Polda Papua menggelar acara syukuran hari jadi ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) yang berlangsung di Aula Wisma Atlet Mandala Jayapura, Kamis (8/9/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Yuli Ramdani Hidayat, Pejabat Utama Polda Papua dan Polwan perwakilan Polda Papua.

Acara tersebut dibuka dengan zoom bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dengan Polda Jajaran. 

Dalam zoom tersebut Kapolri menyampaikan bahwa dirinya berharap Polwan dapat terus mengukir prestasi agar menjadi Polwan yang hebat dan dapat mengayomi serta melayani masyarakat.

“Jika kita melihat prestasi rekan Polwan kita dalam setahun ini banyak memberikan warna seperti memberikan perunggu dan masuk nominasi Polwan yang berdedikasi,” ujar Kapolri.

Ia juga berharap, eksistensi Polwan untuk terus ditingkatkan dan personel Polwan terus meningkat serta telah ada yang berpangkat Irjen dan SSDM disiapkan Polwan yang berkompeten agar ditempatkan menjadi Kapolda maupun Pejabat di Mabes Polri.

“Harapan saya kepada rekan rekan Polwan dan seluruh personel Polri untuk mensosialisasikan di lingkungan sekitar agar masyarakat dapat paham. Tantangan kedepan yang harus rekan rekan hadapi tentunya juga membutuhkan keahlian sehingga latih dan terus kembangkan keahlian serta kelebihan rekan rekan,” pungkas Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu di Jayapura, Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Papua Brigjen Polisi Ramdani Hidayat mengatakan, Syukuran Hari Jadi Ke 74 Polwan Republik Indonesia Tahun 2022, dengan tema “Polri Yang Presisi Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. 

Sejarah mencatat bahwa Kelahiran Polwan tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Polwan dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akibat agresi Militer Belanda I tahun 1947. Pada perkembangannya, enam Orang Polwan pertama, sekaligus Enam Wanita Abri pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan wilayah pedalaman.

Catatan sejarah tersebut juga menjadi bukti bahwa sejak awal kelahirannya, Polwan telah mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan.

“Saat ini jumlah Polwan di Polda Papua, sebanyak 590 personel, yang terdiri dari 12, perwira menengah, 61 perwira pertama dan 517 bintara. Tercatat 17 personel Polwan Polda Papua menduduki jabatan strategis di Bidang operasional maupun pembinaan. diantaranya 1 Wakapolres, 5 Kabag, 5 Kasat, 2 Kasi, 3 Kapolsek dan 1 Wakapolsek,” ujar Wakapolda Papua.

Dalam sambutan itu juga, ada beberapa hal yang harus dipedomani bagi seluruh personel Polwan yakni, tingkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, tingkatkan terus kapasitas dan kemampuan melalui Pendidikan kedinasan maupun pendidikan umum, untuk meraih kesempatan karir yang telah diberikan oleh institusi.

Kemudian kembangkan budaya saling asah, saling asih, dan saling asuh antara sesama polwan, sehingga dapat terbangun kekompakan dan Soliditas Polwan yang semakin kokoh serta tidak terjerumus paham radikalisme dan intoleransi, dan ikuti aturan yang berlaku baik diorganisai maupun di masyarakat.
Selanjutnya, tunjukkan Polwan tidak hanya pemanis Organisasi, tetapi eksistensi dan kemampuan Polwan harus dapat bersaing dengan Polisi laki-laki, ingat kodrat kalian sebagai wanita. Profesi Polwan harus dapat selaras dengan menjalankan peran sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Jaga etika dan marwah Polwan pada hususnya dan Polri pada umumnya. Tidak menunjukkan kehidupan yang Hedonisme dan bijak dalam bermedia Sosial. Gunakan media sosial secara bijak untuk mendukung tugas-tugas Kepolisian.

Usai sambutan, Wakapolda Papua bersama Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua melakukan pemotongan tumpeng. 

Perlu diketahui bahwa saat menjelang hingga berlangsungnya acara Hari Jadi Ke-74 Polwan RI, diisi dengan kegiatan bakti sosial, bakti religi, bakti kesehatan, dan pembagian bantuan sosial.

Selain itu ada pula lomba video kreatif, sepeda santai, senam bersama, anjang sana ke sesepuh dan senior Polwan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, hingga Polwan Goes To School.

(asm)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update