Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih Lingkungan
×

Adsense

Adsense Mobile

Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih Lingkungan

Minggu, 18 September 2022 | 23.30 WIB Last Updated 2022-09-18T16:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pontren Kauman Muhammadiyah saat Aksi Bersih Lingkungan
Siswi Pontren Kauman Muhammadiyah saat Aksi Bersih Lingkungan. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Guna menyemarakkan Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang gelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih Lingkungan, Minggu (18/9/2022).

Dimulai dari Asrama Putri Walidah, Kelurahan Koto Katik dan finish di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman. Jalan sehat ini diikuti sebanyak 120 santri putri kelas 7 dan kelas 10.

Selain jalan sehat, santri juga melakukan aksi bersih-bersih lingkungan atau operasi semut yang dimulai dari pelataran Masjid Taqwa, menuju Pasar Padang Panjang, dan finish di GOR Khatib Sulaiman Bancalaweh sebelum menuju kembali ke asrama pondok pesantren.

Peserta terbagi dalam 10 kelompok, dan masing-masing kelompok didampingi satu pembina dari kelas 12. Bergerak menuju ke titik atau spot yang telah ditetapkan panitia.

Kegiatan ini dibuka dan dilepas Wakil Mudir Bidang Pengasuhan Santri, Insan Adha Hasibuan didampingi Sekretaris Mudir, Zainal Abidin.

Insan Adha menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian untuk menyemarakkan Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang akan digelar di Solo, pada 18-20 November mendatang.

“Kita melaksanakan jalan sehat dan aksi operasi semut untuk memilih sampah yang ditemui sepanjang perjalan oleh santri. Mulai dari pelataran Masjid Taqwa Muhammadiyah menuju Simpang Balai-Balai, Simpang Gedung M. Syafei dan Pasar Padang Panjang," katanya.

Disebutkan, masing-masing kelompok didampingi satu orang pembina akan mengkordinir kelompoknya untuk memilih sampah yang mereka temui di sepanjang perjalanan. Mereka juga dibekali kantong plastik untuk tempat sampah yang mereka kumpulkan dan selanjutnya dibuang ke tempat sampah yang tersedia,” terang Insan Adha.

Salah seorang peserta, Husna menilai kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. Selain memberikan kebugaran dan kesehatan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk kebersihan lingkungan.

(rls)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update